Sukses

Kereta Stainless Steel New Generation Beroperasi, KA Lodaya Bandung-Solo Balapan 'Ganti Kulit'

Pengoperasian Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada para pelanggan setia, khususnya pelanggan KA Lodaya

Liputan6.com, Bandung - Kereta Stainless Steel New Generation mulai digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung. Kereta api generasi terbaru ini bakal dioperasikan untuk KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan PP mulai Kamis, (2/5/2024).

Menurut Executive Vice President Daerah Operasi 2 Bandung, Takdir Santoso, Kereta New Generation merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero) akan digunakan untuk kereta eksekutif dan ekonomi KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan PP.

"Pengoperasian Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada para pelanggan setia, khususnya pelanggan KA Lodaya," ujar Takdir di Bandung, Kamis (2/5/2024).

Sebelumnya, KAI telah mengoperasikan Kereta Eksekutif New Generation pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP sejak 13 Desember 2023, KA Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan PP sejak 18 Desember 2023, KA Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta PP sejak 18 Januari 2024, dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasarturi PP sejak 29 Maret 2024.

Adapun Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation sebelumnya telah KAI operasikan pada KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang PP sejak 25 Maret 2024.

Keunggulan Kereta Stainless Steel New Generation ini antara lain pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

"Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan," kata Takdir.

Selain itu, jendela Kereta Stainless Steel New Generation juga telah ditingkatkan menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam kabin penumpang, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

"Keunggulan lain pada Kereta Stainless Steel New Generation yaitu pada toilet di mana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu. Khusus di toilet wanita, KAI menambah meja lipat yang berfungsi untuk dudukan mengganti popok bayi," ucap Takdir.

Untuk kebutuhan mengisi daya gawai pelanggan, Takdir menjelaskan KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta.

Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan, kereta makan di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

Kereta makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di kereta makan. "Upgrade kenyamanan kereta yang KAI lakukan ini merupakan upaya perseroan untuk terus memanjakan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api," ujar Takdir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kereta Suite Class Compartment dan Luxury Laris

Pada 24 April 2024 lalu, periode 31 Maret-21 April 2024, KAI berhasil menjual 1.573 tiket kelas Suite Class Compartment atau 112 persen dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 1.408 tiket. Adapun tiket kelas Luxury terjual 12.941 tiket. Puncak volume penumpang kelas Suite Class Compartment untuk arus mudik terjadi pada H-3 atau 7 April 2024 dengan 76 penumpang, dan puncak arus balik pada H+2 atau 13 April 2024 sebanyak 104 penumpang.

Menurut EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, puncak volume penumpang kelas Luxury untuk arus mudik terjadi pada H-4 atau 6 April 2024 dengan 683 penumpang, dan puncak arus balik pada H+4 atau 15 April 2024 sebanyak 774 penumpang.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah memilih layanan Kereta Suite Class Compartment dan Luxury pada momen Lebaran 2024. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dalam memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi para pelanggan," kata Agus dialam siaran medianya dicuplik 2 Mei 2024.

Agus mengatakan selama angkutan Lebaran tersebut, kereta kelas Luxury terpasang dengan KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Gajayana (Gambir-Malang pp), Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir-Solo Balapan pp).

Sementara kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima (Gambir-Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir-Surabaya Gubeng pp).

"Sebagian sarana kereta Luxury yang KAI operasikan pada angkutan Lebaran 2024 telah menggunakan armada Kereta Luxury New Generation dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat," jelas Agus.

Agus menuturkan keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

"PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan," ungkap Agus.

Spesifikasi serupa dengan Kereta Stainless Steel New Generation, jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass.

Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

"Keunggulan lain pada Kereta Luxury New Generation ada penambahan toilet dari Kereta Luxury sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet dan dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita," tukas Agus.

Pada arus mudik Lebaran lalu, KAI juga membagikan bingkisan berupa hijab Buttonscarves dan mainan Foxandbunny kepada pelanggan kereta kelas Suite Class Compartment dan Luxury.

Pembagian hadiah ini sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan dan dukungan pelanggan dalam menggunakan layanan Kereta Suite Class Compartment dan Luxury.

"KAI berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Sehingga layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat untuk angkutan Lebaran, Nataru, dan pada momen-momen lainnya. Dengan demikian dapat menjadikan kereta api sebagai transportasi yang berkelanjutan," ujar Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.