Sukses

Profil Kevin Sanjaya yang Putuskan Pensiun dari Badminton

Atlet badminton ternama Kevin Sanjaya memutuskan untuk pensiun dari dunia badminton padahal usianya masih muda.

Liputan6.com, Bandung - Atlet badminton Kevin Sanjaya Sukamuljo baru-baru ini membagikan kabar mengejutkan untuk dunia badminton Indonesia. Pasalnya pria berusia 28 tahun tersebut menyatakan pensiun dari dunia badminton.

Akhirnya saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton,” kata Kevin Sanjaya (@kevin_sanjaya).

Kabar pensiun tersebut dibagikan langsung oleh Kevin Sanjaya melalui media sosial Instagramnya pada Kamis (16/5/2024) siang. Kevin juga menceritakan bagaimana perjalanannya sebagai atlet badminton Indonesia.

Diketahui Kevin Sanjaya telah masuk ke dunia badminton sejak usia 5 tahun dan mulai merantau dari Banyuwangi ke Kudus di usia 12 tahun untuk mengejar mimpinya menjadi atlet nasional.

Tidak lupa Kevin juga menyampaikan ucapan syukurnya terhadap rekan bermainnya Marcus Fernaldi Gideon. Pasalnya keduanya berhasil mendapatkan pencapaian yang besar terutama untuk mengharumkan nama Indonesia.

Saya bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship,” tulisnya.

Kabar mengejutkan ini membuat banyak masyarakat Indonesia menyayangkan keputusan Kevin. Tidak sedikit juga yang memberikan semangat dan menghargai keputusan berat sang atlet untuk pensiun.

Sejumlah rekan dekat Kevin mulai dari keluarga, teman, dan rekan sesama atlet langsung memenuhi kolom komentar postingan tersebut. Sebagian besar memberikan doa terbaik untuk keputusan yang dipilih oleh Kevin tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan yang Sulit Bagi Kevin Sanjaya

Melalui unggahan yang sama Kevin juga menceritakan bahwa keputusannya melalui proses yang panjang. Sang atlet harus berpikir keras hingga berdiskusi dengan banyak orang terdekat untuk mempertimbangkan keputusannya tersebut.

Kevin juga menyoroti kondisi cedera bahunya yang tidak kian membaik sejak 2017. Kemudian melihat partner bermainnya yang cedera sehingga tidak memungkinkan bagi keduanya merebut tiket Olimpiade 2024.

Di mulai dari cidera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Di tambah, partner saya cidera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024,” tulisnya.

Pria berusia 28 tahun itu juga menceritakan bahwa ia mendapatkan kesempatan memiliki partner baru. Namun partner tersebut dirasa kurang pas karena sama-sama merupakan pemain depan.

Kevin juga sempat berdiskusi dengan pengurus PBSI terkait langkah kedepannya di dunia badminton dan menunggu selama beberapa bulan hingga mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024.

Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang di berikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas,” ucapnya.

Alhasil Kevin pun memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton pada akhir bulan Februari. Sementara kabarnya baru dibagikan oleh Kevin di pertengahan bulan Mei 2024 dan membuat banyak masyarakat Indonesia terkejut.

3 dari 4 halaman

Mengucapkan Terima Kasih dan Permintaan Maaf

Pada akhir kata Kevin Sanjaya juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya. Terutama kepada para pendukungnya yang telah mendoakan perjalanan Kevin sebagai atlet badminton Indonesia.

Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini,” ucapnya.

Kevin juga meminta maaf kepada para pendukungnya terutama yang kecewa dengan keputusan tersebut. Ia juga menceritakan bahwa keputusannya bukan sesuatu yang dilakukan dengan mudah.

Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” kata Kevin.

Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Profil Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo dikenal sebagai seorang atlet badminton kelahiran 2 Agustus 1995. Diketahui ketertarikan Kevin dalam dunia badminton sudah muncul sejak ia berusia dua tahun karena sering menyaksikan ayahnya berlatih badminton di samping rumahnya.

Ketertarikan Kevin terhadap badminton ternyata diketahui oleh ayahnya sehingga ia memasukan Kevin ke klub Putra 46. Diketahui Kevin berlatih kurang lebih setahun dan ketika berusia sembilan tahun Kevin bergabung dengan klub Sari Agung.

Pada tahun yang sama Kevin juga sempat mengikuti audisi PB Djarum namun gagal karena postur tubuhnya yang dianggap terlalu mungil. Kevin sendiri tidak menyerah dan mengikuti audisi kembali di tahun 2007 sampai akhirnya berhasil lolos.

Kevin sempat melalui masa jatuh bangun di PB DJarum dan sempat bermain sebagai tunggal putra, ganda putra, hingga ganda campuran. Keahliannya sangat menonjol ketika bermain di nomor ganda.

Alhasil Kevin dipasangkan bersama Aris Budiharti di nomor ganda campuran dan berhasil meraih medali emas di Asean School Games 2011 serta meraih medali perak di nomor ganda putra bersama Felix Kinalsal.

Sebagai atlet Kevin semakin cemerlang terutama setelah dipasangkan bersama Marcus Gideon. Keduanya meraih banyak penghargaan hingga dijuluki sebagai The Minion dan dikenal oleh penggemar badminton di dunia.

Berdasarkan kehidupan pribadinya Kevin sendiri sudah resmi menikah dengan Valencia Tanoesoedibjo pada 23 Maret 2023. Saat ini keduanya telah dikaruniai anak perempuan bernama Avery Victoria Sukamuljo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini