Sukses

Hanya Perlu 1 Bahan Dapur, Ini Cara Mudah Membersihkan Karat Knalpot Tanpa Amplas

Tak perlu lagi ribet dan keluar biaya mahal untuk membersihkan karat pada knalpot. Ikuti langkah mudah ini, maka knalpot bisa bebas karat dan tampak seperti baru lagi hanya bermodal 1 bahan dapur. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Knalpot motor yang telah digunakan dalam waktu yang lama rentan terhadap karat karena terpapar air dan sinar matahari secara langsung saat digunakan. Karat ini sulit dihilangkan, terutama jika sudah membandel. Banyak orang menggunakan amplas untuk membersihkan karat knalpot, tetapi beberapa khawatir karena risiko tergoresnya knalpot akibat penggunaan amplas yang kurang teliti.

Sebagai alternatif yang praktis dan efektif, seorang pengguna YouTube bernama Gado-Gado Channel membagikan tips untuk membersihkan karat knalpot tanpa menggunakan amplas. Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada (14 Mei 2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Alat dan Bahan

Berikut ini alat dan bahan yang harus disiapkan : 

  1. Mangkuk kecil
  2. Kuas atau sikat gigi
  3. Saus tomat
  4. Sitrun (citric acid)
3 dari 11 halaman

Siapkan Racikan Pembersih

Isi mangkuk kecil dengan saus tomat sesuai kebutuhan. Lalu, tambahkan sedikit sitrun (asam sitrat) untuk meningkatkan tingkat keasaman saus tomat, membantu menghilangkan karat secara lebih efektif. Aduk baik-baik kedua bahan tersebut sampai tercampur merata.

4 dari 11 halaman

Oles Racikan Pembersih pada Knalpot

Terapkan campuran pembersih yang telah disiapkan ke area knalpot motor yang terkena karat. Anda dapat menggunakan kuas atau sikat gigi bekas untuk memastikan distribusi yang merata ke seluruh bagian yang terkena karat. Setelah itu, biarkan selama sekitar 5 jam agar campuran pembersih tersebut bisa mengering.

5 dari 11 halaman

Gosok-gosok Knalpot

Setelah dibiarkan selama beberapa jam, gosoklah knalpot dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam sabun sebelumnya. Teruslah menggosok beberapa saat sampai karat dan sisa saus pada knalpot hilang.

6 dari 11 halaman

Bilas Knalpot

Bilas knalpot dengan air bersih dan keringkan sepenuhnya dengan lap.

7 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat di Knalpot?

Cara menghilangkan karat pada knalpot menggunakan pasta gigi adalah dengan mengoleskan langsung ke area berkarat. Kemudian tunggu 10 menit, lalu gunakan sikat gigi untuk mengangkat karatnya. Kemudian lap permukaannya hingga bersih. Karat tidak akan bersisa jika langsung dibersihkan menggunakan trik ini saat jumlahnya masih sedikit.

 

 

 

8 dari 11 halaman

Apa Penyebab Knalpot Berkarat?

Korosi bisa terjadi akibat adanya perbedaan temperatur di dalam dan luar pipa knalpot, termasuk udara sekitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi. Karat pada knalpot juga bisa muncul akibat terbentur kerikil atau gundukan jalan. Sehingga permukaan pipa knalpot terbuka dan menyebabkan proses oksidasi.

9 dari 11 halaman

Apakah Knalpot Stainless Bisa Berkarat?

"Bila lapisan stainless rusak, biasanya hal pertama yang terjadi timbul karat seperti bintik yang lama-lama akan menyebar," ujar Donny Hantu Laut saat berbincang dengan Otomania, di Jakarta, Minggu (25/10/2015). Menurutnya, lapisan stainless bisa mengalami kerusakan akibat kurang perawatan.

10 dari 11 halaman

Kenapa Bisa Timbul Karat Pada Knalpot yang Berbahan Besi?

Walaupun sebenarnya udara yang mengandung polusi tinggi di wilayah perkotaan juga bisa memicunya. Air hujan dan udara akan menimbulkan oksida besi merah yang dikenal dengan istilah karat. Mengingat knalpot terbuat dari besi maka karat akan lebih cepat muncul.

11 dari 11 halaman

Kenapa Lubang Knalpot Menjadi Hitam dan Mengering?

Penyebab lubang knalpot menjadi hitam dan basah seperti adanya oli bekas bisa jadi telah terjadi kebocoran di mesin. Bisa jadi oli ikut masuk ke ruang bakar dan terbakar. Jika ditambah keluar asap putih terus menerus (pada mobil Toyota bermesin bensin) maka kemungkinan kebocoran di mesin besar terjadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.