Sukses

Hanya Butuh 1 Bahan Dapur, Begini Trik Sederhana Hapus Kerak Kuning Kamar Mandi Tanpa Disikat

Tak perlu susah payah dan berlama-lama menyikat lantai kamar mandi untuk membersihkan kerak kuningnya. Cukup ikuti trik sederhana ini, maka lantai kamar mandi bisa kinclong dan bersih dari kerak. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Mayoritas orang cenderung memilih keramik sebagai material lantai kamar mandi karena dianggap lebih tahan lama dan terjangkau. Selain itu, perawatannya juga relatif mudah. Namun, meskipun rajin dibersihkan, seringkali muncul noda kerak yang sulit dihilangkan. Hal ini disebabkan oleh sisa-sisa sabun atau sampo yang tidak sempurna dibilas. Jika tidak segera diatasi, kerak tersebut dapat menjadi membandel dan sulit dibersihkan, bahkan dengan menggunakan sikat.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang warganet YouTube dengan nama pengguna @Gianola Vlog membagikan trik sederhana untuk menghilangkan kerak kuning dari lantai kamar mandi tanpa perlu menggunakan sikat. Berikut ini langkah-langkahnya, dirangkum pada (14 Mei 2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan-bahan

Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan : 

  1. Sabun cuci piring
  2. Sitrun
  3. Cairan Pemutih
  4. Air panas
3 dari 11 halaman

Siapkan Racikan Pembersih

Untuk membuat campuran pembersih, pertama-tama, siapkan sebuah wadah. Selanjutnya, tambahkan 4 sendok makan sabun pencuci piring, 1 paket perasan jeruk sitrun, 5 tutup botol cairan pemutih, dan 1 gayung air panas ke dalam wadah tersebut. Aduk semua bahan dalam wadah menggunakan kuas sampai tercampur merata.

4 dari 11 halaman

Oleskan Racikan Pembersih ke Lantai

Oleskan campuran pembersih ke seluruh bagian lantai kamar mandi. Setelah itu, biarkan selama 15 menit supaya campuran pembersih dapat meresap sempurna ke dalam permukaan keramik.

5 dari 11 halaman

Bilas Lantai yang Sudah Diolesi Racikan Pembersih

Setelah dibiarkan beberapa saat, bilas lantai kamar mandi dengan air hingga bersih sepenuhnya. Akibatnya, lantai kamar mandi akan terasa bersih dan nyaman.

6 dari 11 halaman

Saran Penggunaan

Praktikkan teknik mudah ini di luar ruangan dan lakukan secara teratur dua kali dalam seminggu.

7 dari 11 halaman

Menghilangkan Kerak Kamar Mandi Pakai Apa?

Semprotkan cuka putih ke seluruh keramik kamar mandi yang hendak dibersihkan. Tunggu 10 menit lalu hidupkan kran / shower air panas. Uap panas akan membantu melarutkan lapisan kerak yang menempel. Siram kembali keramik kamar mandi dengan air panas setelah 2 menit.

 

8 dari 11 halaman

Apakah Baking Soda Bisa Membersihkan Kamar Mandi?

Untuk membersihkan nat kamar mandi, gunakan pasta baking soda dan air, lalu gosok perlahan dengan sikat gigi bekas atau sikat berbulu lembut lainnya. Jika Anda mendeteksi pertumbuhan jamur, basmi dengan campuran yang lebih kental dari tiga bagian baking soda dan satu bagian pemutih.

9 dari 11 halaman

Apakah Citric Acid Bisa Membersihkan Kamar Mandi?

Beberapa bagian kamar mandi yang wajib lebih sering dibersihkan yaitu lantai, bak mandi, shower, cermin, wastafel, dan dinding. Cara membersihkan kamar mandi menggunakan citric acid menjadi salah satu solusi paling mudah untuk mengatasi masalah kamar mandi kotor.

10 dari 11 halaman

Kenapa Keramik Kamar Mandi Kuning?

Dilansir dari Certified Stone Professionals, lantai atau keramik di kamar mandi menjadi kuning disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya : Pemakaian produk pembersih dan perlengkapan mandi berbahan kimia keras. Penggunaan sealer dan berbagai jenis lilin yang mungkin mengandung polimer.

11 dari 11 halaman

Apakah Garam Bisa Membersihkan Kerak Kamar Mandi?

Yap, garam punya sifat abrasif yang bisa membantumu merontokkan kerak secara mudah dan efektif. Membersihkan kamar mandi gak harus melulu pakai pembersih kimia yang mahal dan bersifat keras. Cukup garam dan peralatan sederhana saja, dijamin kerak rontok lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini