Sukses

Hanya Butuh 1 Bahan Dapur, Begini Cara Mudah Membersihkan Kerak Mesin Cuci Tanpa Dibongkar

Kini tak perlu ribet lagi bongkar mesin cuci untuk membersihkan kerak di dalamnya. Ikuti cara ini, maka kerak mesin cuci bisa hempas hanya dengan 1 bahan dapur. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Seperti peralatan elektronik lainnya, mesin cuci yang sering digunakan juga rentan terhadap kotoran seiring waktu. Noda lumut atau kerak kerap menumpuk di dalam dan di sela-sela tabung mesin cuci. Jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut dapat menempel pada pakaian yang dicuci.

Selain itu, noda kerak juga bisa menghambat dan merusak kinerja mesin cuci. Namun, banyak orang masih kesulitan menemukan cara mudah untuk membersihkan mesin cuci, terutama pada bagian sela-sela yang sulit dijangkau. Akibatnya, banyak yang lebih memilih membawa mesin cucinya ke tukang servis hanya untuk dibersihkan. Padahal, ada trik sederhana dan lebih terjangkau untuk membersihkan kerak pada mesin cuci.

Trik sederhana untuk membersihkan kerak mesin cuci tanpa perlu dibongkar ini dibagikan oleh seorang pengguna YouTube bernama Yoga Arief. Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada (14/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Alat dan Bahan

Berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan : 

  1. Mangkuk
  2. Sabun cuci piring
  3. Sitrun (citric acid)
  4. Air panas
3 dari 11 halaman

Siapkan Racikan Pembersih

Untuk membuat campuran pembersih, masukkan sabun cuci piring dan sitrun secukupnya ke dalam mangkuk. Setelah itu, tuangkan air panas secukupnya ke dalam campuran tersebut. Aduk hingga sabun cuci piring dan sitrun benar-benar larut dalam air.

4 dari 11 halaman

Siramkan Racikan ke dalam Mesin Cuci

Tuangkan campuran pembersih yang telah disiapkan ke dalam mesin cuci secara perlahan. Setelah itu, biarkan sejenak. Selanjutnya, bilas bagian dalam mesin cuci dengan air bersih bersuhu ruangan.

5 dari 11 halaman

Putar Manual Spinner Mesin Cuci

Sambil menyiram dengan air bersih, putar manual spinner mesin cuci menggunakan tangan agar air lebih mudah masuk ke sela-sela mesin cuci.

6 dari 11 halaman

Isi Mesin Cuci dengan Air Bersih

Langkah terakhir, isi mesin cuci dengan air bersih dan nyalakan. Tujuannya adalah untuk membilas sisa racikan pembersih yang masih menempel di dalam mesin cuci.

7 dari 11 halaman

Apakah Sitrun Bisa untuk Membersihkan Mesin Cuci?

Bubuk sitrun mampu menghilangkan kotoran, minyak, dan kerak yang menempel di alat-alat masak. Sitrun juga mampu menjernihkan air dari kotoran. Maka, tak heran bila cara membersihkan mesin cuci dengan sitrun juga banyak dipraktikkan.

 

 

 

8 dari 11 halaman

Apakah mesin cuci bisa dibersihkan dengan air panas?

Pada mesin cuci yang telah kamu kosongkan, jalankan program pencucian menggunakan air panas. Proses ini guna membersihkan sisa-sisa deterjen yang menumpuk di dalam drum mesin cuci.

9 dari 11 halaman

Apakah Soda Kue Bisa untuk Membersihkan Mesin Cuci?

Selain menggunakan cuka putih, bisa juga membersihkan mesin cuci dengan baking soda. Cara membersihkan mesin cuci dengan baking soda cukup mudah. Hanya membutuhkan baking soda, dan sedikit essential oil.

10 dari 11 halaman

Sitrun Apakah Aman?

Secara umum sitrun dianggap aman. Namun, asam sitrat memang memiliki beberapa masalah keselamatan dan kesehatan seperti yang dicatat oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) International Chemical Safety Card (ICSC) tentang asam sitrat.

 

 

11 dari 11 halaman

Apakah Cuka Aman untuk Mesin Cuci?

Cuka juga aman digunakan pada mesin cuci standar dan ramah lingkungan dibanding deterjen komersial. Semua jenis cuka mengandung asam asetat yang berfungsi untuk mencerahkan, melembutkan, dan membunuh bau dicuci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.