Sukses

Cegah Kecelakaan Fatal, Petugas Gabungan Ramp Check Bus Pariwisata

Ramp check dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan, dan kelengkapan administrasi kendaraan telah dipenuhi oleh PO Bus

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pemalang melaksanakan ramp check pada 6 unit bus milik salah satu Perusahaan Otobus (PO) bus pariwisata yang berkantor di Kabupaten Pemalang, ramp check dilakukan bersama Tim penguji dari Dinas Perhubungan, Organda dan Jasa Raharja, Sabtu (18/5/2024).

[bacajuga:Baca Juga](5597891 5598640 5598604

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, ramp check dilakukan untuk mengecek dan memeriksa secara langsung persyaratan teknis, serta kelengkapan surat-surat bus pariwisata.

“Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh pada komponen kelaikan bus, seperti rem, lampu-lampu, klakson hingga ban, juga pemeriksaan surat-surat, seperti SIM, STNK dan buku uji,” katanya.

Menurut dia, ramp check dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan, dan kelengkapan administrasi kendaraan telah dipenuhi oleh PO Bus.

“Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas, serta menjaga keselamatan penumpang bus, agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan,” kata Kapolres Pemalang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramp Check Rutin

Kapolres Pemalang mengatakan, ramp check dilakukan secara rutin, dan akan dilanjutkan ke seluruh PO bus yang memiliki kantor perwakilan atau agen di wilayah Kabupaten Pemalang.

“Hasil pengecekan 6 unit bus milik salah satu PO bus pariwisata hari ini, seluruhnya dalam keadaan baik dan layak jalan,” kata Kapolres Pemalang.

Namun demikian, Kapolres Pemalang mengatakan, pihaknya tetap mengimbau pemilik PO bus agar tetap rutin melakukan perawatan pada kendaraan, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan para kru bus.

“Selain melaksanakan ramp check, hari ini Dokkes Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak dan kru bus,” kata Kapolres Pemalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.