Sukses

Manfaat Sampo Lidah Buaya untuk Rambut serta Cara Memilih Produk yang Tepat

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Untuk mengetahui lebih dalam, simak penjelasan berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu kegunaannya yang populer adalah sebagai bahan utama dalam produk perawatan rambut, seperti sampo. 

Sampo lidah buaya dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat, mulai dari mengurangi ketombe hingga melembutkan rambut. Manfaat lidah buaya untuk rambut tidak lepas dari kandungan alaminya yang kaya akan vitamin, mineral, dan enzim yang dapat menutrisi rambut dan kulit kepala. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih sampo lidah buaya adalah memastikan produk tersebut mengandung lidah buaya sebagai bahan utama, bebas dari bahan kimia berbahaya, dan sesuai dengan jenis rambut.

Untuk mengetahui lebih dalam apa saja manfaat sampo lidah buaya dan bagaimana cara memilihnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Manfaat Sampo yang Mengandung Lidah Buaya untuk Rambut

Aloe vera atau lidah buaya sering digunakan dalam perawatan tubuh, kulit, dan rambut. Pada produk perawatan rambut, ekstrak lidah buaya sering kali ditemukan dalam bentuk sampo. 

Manfaat sampo yang mengandung lidah buaya yaitu dapat menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya kaya akan asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein. Asam amino dapat merangsang pembentukan keratin dan komponen utama rambut. Penggunaan sampo lidah buaya dapat mengoptimalkan pembentukan keratin, sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tumbuh lebih cepat.

Selain itu, lidah buaya dapat melembutkan dan menenangkan kulit kepala. Lidah buaya memiliki kadar air yang tinggi, sehingga dapat melembabkan kulit kepala dan helaian rambut. Jika kulit kepala mengalami iritasi, penggunaan sampo lidah buaya juga dapat memberikan efek menenangkan.

Manfaat lain dari lidah buaya adalah kemampuannya membersihkan minyak. Oleh karena itu, sampo lidah buaya dapat menyingkirkan sebum dan residu produk yang menempel pada rambut. Dengan berbagai manfaat ini, tidak mengherankan jika sampo lidah buaya menjadi produk favorit bagi mereka yang menginginkan rambut sehat

3 dari 12 halaman

Cara Memilih Sampo yang Mengandung Lidah Buaya

Ada banyak sampo lidah buaya yang tersedia di pasaran. Namun, tidak boleh asal memilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sampo lidah buaya, antara lain:

4 dari 12 halaman

1. Pilih Sampo Sesuai dengan Jenis Rambut

Secara umum, ada tiga jenis rambut yaitu, kering, berminyak, dan normal. Setiap jenis rambut memiliki kebutuhan yang berbeda. Agar sampo lidah buaya memberikan hasil optimal, penting untuk mengetahui jenis rambut terlebih dahulu.

Pada dasarnya, sampo lidah buaya sangat cocok untuk rambut kering karena dapat menjaga kelembaban dan meningkatkan kandungan air di kulit kepala. Kandungan dalam lidah buaya juga membantu menutrisi rambut.

Namun, pemilik rambut kering sebaiknya mencari sampo lidah buaya yang diperkaya dengan bahan pelembab lain untuk mendapatkan kelembaban ekstra. Gunakan sampo lidah buaya yang mengandung gliserin, betain, atau ekstrak seledri. Selain itu, juga bisa mencari sampo lidah buaya yang mengandung minyak seperti minyak alpukat, minyak argan, dan minyak passiflora.

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat sampo lidah buaya adalah menghilangkan minyak serta residu sebum berlebih. Jadi, bila memiliki rambut berminyak, sampo lidah buaya tetap bisa digunakan.

Namun, tidak semua sampo lidah buaya cocok untuk kulit berminyak. Hindari produk yang dirancang untuk menghidrasi rambut. Pilihlah sampo lidah buaya yang dipadukan dengan bahan seperti tea tree oil atau minyak peppermint, karena keduanya dapat membantu mengusir minyak berlebih dari kulit kepala.

Untuk rambut normal, pertimbangkan sampo dengan formula yang menambah volume atau melebatkan. Disarankan untuk memilih sampo lidah buaya dengan tambahan kandungan ginseng. Pertimbangkan juga sampo lidah buaya yang mengandung minyak kemiri atau urang-aring.

5 dari 12 halaman

2. Pilih Sampo yang Mengandung Ekstra Pelembab untuk Rambut Keriting

Rambut keriting rentan terhadap kekusutan. Oleh karena itu, bagi pemilik rambut keriting, disarankan untuk menggunakan sampo lidah buaya yang mengandung bahan pelembab tambahan. 

Lidah buaya membantu membentuk lapisan polimer pada rambut, membuat kutikula rambut menjadi lebih halus dan sehat. Selain lidah buaya, pencari sampo untuk rambut keriting dapat mempertimbangkan produk yang mengandung minyak argan, gliserin, minyak jojoba, atau minyak kelapa.

Sedangkan untuk rambut lurus biasanya tampak datar dan terkadang terlihat tipis ketika diatur. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk memilih sampo lidah buaya dengan formula ringan yang tetap memberikan volume. 

Sampo dengan formula ringan akan lebih lembut pada kulit kepala dan tidak akan menyebabkan kerusakan. Pemilik rambut lurus dapat mencari produk yang menggabungkan lidah buaya dengan ekstrak daun kelor (moringa) atau ekstrak beras, karena keduanya bermanfaat untuk kesehatan folikel rambut.

6 dari 12 halaman

3. Pilih Sampo dengan Kandungan Ginseng, Keratin, dan Menthol

Sampo yang mengandung lidah buaya sering kali dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa bahan yang bermanfaat untuk menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan bebas masalah.

Sejak dulu, tanaman ginseng telah dipercaya memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan oleh kandungan aktif dalam ginseng seperti ginsenosida dan gintonin yang kaya akan antioksidan. Bahkan, senyawa-senyawa yang terdapat dalam ginseng dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Sedangkan keratin adalah protein penting dalam tubuh yang membentuk struktur rambut, kulit, dan kuku. Saat ini, keratin sering dijadikan salah satu kandungan utama dalam produk perawatan rambut karena kemampuannya untuk memperkuat dan melembutkan rambut.

Selain itu, minyak peppermint juga salah satu bahan yang sering dicampurkan dalam sampo dan populer digunakan. Bahan ini terkenal akan kemampuannya memberikan sensasi dingin pada kulit kepala berkat kandungan menthol di dalamnya. Tidak heran jika minyak peppermint mampu membuat kulit kepala terasa segar dan terbebas dari rasa gerah.

7 dari 12 halaman

4. Hindari Sampo dengan Bahan Pemicu Iritasi untuk Kulit Kepala Sensitif

Banyak sampo lidah buaya mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi. Orang dengan kulit kepala sensitif perlu menghindari bahan-bahan ini. 

Penggunaan bahan iritan secara berkelanjutan juga dapat merusak kondisi rambut. sehingga disarankan untuk selalu memeriksa dengan cermat daftar bahan-bahan yang tercantum pada produk sampo apa pun.

Beberapa bahan iritan dan alergen yang sebaiknya dihindari dalam sampo lidah buaya meliputi: paraben, sodium lauryl sulfate (SLS), pewarna sintetis, pewangi sintetis, dan sopropyl alcohol.

8 dari 12 halaman

Apa Fungsi Sampo Lidah Buaya?

Sampo universal ini dirumuskan untuk segala jenis rambut, mengandung Ekstrak Lidah Buaya yang memberikan perawatan menyeluruh, meningkatkan kelembutan, dan membantu memulihkan kilau alami rambut, dengan aroma Floral yang menyegarkan. Pemakaian teratur akan membuat rambut tampak sehat, kuat, dan bercahaya.

9 dari 12 halaman

Apa Efek Lidah Buaya untuk Rambut?

Merawat rambut dengan lidah buaya dapat mengurangi kemungkinan rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Dengan perawatan ini, rambut menjadi lebih sehat, tebal, dan terhindar dari masalah seperti rambut rontok, ketombe, atau kelebihan minyak.

10 dari 12 halaman

Apakah Lidah Buaya Dapat Menumbuhkan Rambut dengan Cepat?

Telah menjadi pengetahuan yang tersebar luas bahwa lidah buaya diakui sebagai zat alami yang efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut. Praktik menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk merangsang pertumbuhan rambut telah ada sejak zaman kuno. Cukup ambil gel lidah buaya dan aplikasikan secara merata pada akar rambut dan kulit kepala.

11 dari 12 halaman

Apakah setelah Memakai Lidah Buaya di Rambut Harus Dibilas dengan Sampo?

Setelah mencampur semua bahan dengan merata, oleskan gel lidah buaya ini ke seluruh bagian rambut, termasuk kulit kepala. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil optimal, disarankan untuk melakukan perawatan ini sekali seminggu.

12 dari 12 halaman

Apakah Boleh Lidah Buaya Campur Sampo?

Getah lidah buaya atau gel Aloe vera bukan hanya berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, tetapi juga untuk menghindari masalah ketombe serta menjaga kelembapan batang rambut. Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh ekstrak Aloe vera ke dalam sampo saat mencuci rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.