Sukses

Resep Ragit Palembang, Menu Buka Puasa Lezat Berkuah Kari Daging

Ragit Palembang merupakan salah satu jajanan tradisional khas Palembang yang sering dipesan untuk jadi menu buka puasa saat Ramadan.

Liputan6.com, Palembang - Menu buka puasa ala warga Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), tak hanya menyajikan pempek Palembang saja. Ada juga makanan lezat lainnya yang disajikan sebagai menu takjil yang mengenyangkan, salah satunya adalah ragit Palembang.

Rofalina, salah satu pengusaha kuliner di Palembang selalu kebanjiran pesanan ragit Palembang, untuk menu berbuka puasa pada bulan Ramadan.

Walau menjual ragit Palembang melalui pemesanan online, usahanya laris manis diburu para pelanggannya, mulai dari pelanggan individu sampai pesanan dari perusahaan dan instansi pemerintah.

Di Ramadan ini, pemesanan ragit Palembang meningkat drastis hingga 30 persen. Apalagi banyak pesanan dari perusahaan swasta dan instansi pemerintah dalam porsi banyak.

"Saya hanya menjual di online saja, bisa dipesan di akun Instagram @jajanan_tradisional_ropolcake. Tiap Ramadan, pasti ada yang memesan dalam jumlah banyak," ujarnya, Selasa (19/3/2024).

Ragit yang dibuatnya menggunakan kuah kari dengan aroma khas yang menggugah selera. Apalagi, dia menjual ragit Palembang dengan harga yang terjangkau, yakni 5 buah seharga Rp15.000 saja.

Jika pesanan dalam jumlah yang besar, dia biasa mematok harga Rp300.000 untuk 25 porsi, yang berisi 100 buah ragit Palembang.

Rofalina juga tak segan untuk membagikan apa saja bahan-bahan dan pengolahan ragit Palembang, yang menjadi jajanan tradisional khas Bumi Sriwijaya ini.

Untuk bahan-bahan kuah kari daging terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, bubuk kari, ketumbar, lada, jahe, laos, kunyit, cengkih, kapulaga, bunga lawang, dan kayu manis.

"Ada juga bahan pelengkap yang bisa membuat ragit semakin kental dan lezat, yakni ditambahkan daun kari, santan kelapa, kentang, dan daging ayam. Untuk bahan ragitnya yakni 250 gram tepung terigu, 1 butir telur, garam, dan air secukupnya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembuatan Kuah Kari

1. Haluskan semua bahan kuah

2. Tumis bumbu halus sampai harum dan wangi

3. Masukkan potongan daging ayam, kentang dan daun kari

4. Tambah bubuk kari

5. Masukkan air secukupnya

6. masukkan garam gula, kaldu, masukkan santan/ fiber cream/ susu

7. Aduk rata hingga semua bahan tercampur

8. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan hingga dingin

3 dari 3 halaman

Pembuatan Ragit

1. Campurkan tepung dan air, aduk rata

2. Masukkan telur, aduk lagi

3. Lalu saring agar tidak bergerindil, beri sedikit minyak

4. Adonan dicetak menggunakan cetakan Ragit atau masukkan ke plastik segitiga yang dilubangi ujungnya

5. Bentuk seperti jaring-jaring

6. Angkat setelah matang, lakukan berulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini