Sukses

6 Rekomendasi Menu Buka Puasa Khas Solo, Sehat dan Mengenyangkan

Dari hidangan tradisional yang melegenda hingga jajanan manis yang menggoda, Solo memiliki ragam menu buka puasa yang siap memanjakan lidah.

Liputan6.com, Solo - Solo memiliki segudang makanan khas yang bercita rasa lezat dan menarik. Beberapa makanan khas Solo juga kerap dijadikan menu untuk buka puasa.

Dari hidangan tradisional yang melegenda hingga jajanan manis yang menggoda, Solo memiliki ragam menu buka puasa yang siap memanjakan lidah. Dikutip dari laman surakarta.go.id, berikut rekomendasi menu buka puasa di Solo.

1. Selat Solo

Selat Solo adalah hidangan yang cocok untuk buka puasa karena segar, mengenyangkan, dan bergizi. Makanan khas Solo ini dipengaruhi oleh kolonial Belanda karena bahan utamanya potongan daging sapi yang dibumbui kecap serta rempah.

Selat Solo kemudian dimodifikasi lagi agar bisa dikonsumsi oleh pihak keraton yang terbiasa dengan sayuran. Hidangan ini biasanya dimasak dengan campuran kuah, irisan tomat, kentang goreng, buncis rebus, wortel rebus dan diberi isian juga.

Umumnya isiannya adalah telur rebus, daun selada dan irisan timun yang kemudian disiram dengan saus mustard.

2. Timlo

Rekomendasi menu buka khas Solo selanjutnya adalah timlo. Makanan ini berisi daging ayam, sosis goreng solo, dan ati ampela.

Ada sambal kecap yang bisa ditambahkan di semangkuk timlo untuk menambah kesegaran. Timlo ini tampilannya mirip dengan sup dengan kuah yang segar sehingga cocok dinikmati saat buka puasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satai Buntel

3. Satai Buntel

Jenis satai khas Solo ini terbuat dari daging yang dibungkus atau dibuntel dengan lembaran lemak kambing. Tekstur daging pada satai buntel tidak alot karena menggunakan daging giling.

Lapisan lemak yang membungkus daging berfungsi untuk membuat sari daging tetap terjaga dan membuat daging tidak kering saat dibakar. Satai Buntel adalah pilihan yang enak untuk berbuka puasa karena kaya protein dan lemak, yang akan membantu Anda merasa kenyang.

4. Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah hidangan nasi gurih yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan berbagai lauk pauk. Makanan khas ini populer di Jawa Tengah, terutama di kota Solo.

Nasi liwet bisa menjadi pilihan yang tepat untuk buka puasa karena mengenyangkan dan bergizi. Dengan berbagai lauk pauk yang bisa dipilih, nasi liwet bisa menjadi hidangan yang disukai oleh semua orang.

 

3 dari 3 halaman

Satai Kere

5. Satai Kere

Rekomendasi menu buka puasa khas Solo selanjutnya adalah satai kere. Satai kere merupakan hasil kreativitas rakyat jelata yang ingin menyantap satai daging.

Sayangnya saat itu, daging merupakan bahan makanan yang sangat mahal dan hanya para bangsawan saja yang dapat menikmatinya. Masyarakat pun berinovasi membuat satai dari jeroan dan tempe gembus sebagai bahan dasarnya.

Seperti satai pada umumnya, satai kere juga dibakar di atas bara api dan disajikan dengan bumbu sate yang nikmat. Rasanya yang gurih dan legit dengan tekstur yang unik cocok disantap sebagai menu buka puasa.

6. Tengkleng

Tengkleng merupakan hidangan tradisional khas Solo yang terbuat dari daging kambing dan tulang kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Tengkleng biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal. Tengkleng bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu buka puasa karena kaya akan protein dan lemak yang dapat membantu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.