Sukses

Intip 6 Rekomendasi Wisata Alam Cantik di Sulawesi, Ada yang Sudah Pernah ke Sini?

Berwisata ke alam menjadi destinasi favorit banyak orang terutama dalam momen liburan.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah dan mempesona. Destinasi wisata alam ini tersedia di semua pulau Indonesia salah satunya di Sulawesi.

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki destinasi wisata alam menakjubkan. Tempat ini juga memiliki keanekaragaman ekosistem yang luar biasa mulai dari hutan hujan tropis yang luas dan gunung berapi yang megah.

Pulau Sulawesi memiliki ragam wisata alam menarik yang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Selain pemandangan hutan dan gunung yang indah Sulawesi juga memiliki pantai pasir putih yang cantik.

Pemandangan air terjun yang megah juga bisa ditemukan di beberapa lokasi yang ada di Sulawesi. Bahkan setiap sudut di Sulawesi dinilai memiliki keindahan alam yang sayang jika tidak dikunjungi.

Berwisata di alam juga memberikan pengalaman yang menarik dan sulit untuk dilupakan karena kesannya. Wisata alam memiliki dampak yang positif terutama bagi pikiran dan juga mengenal lebih jauh tentang lingkungan.

Melalui artikel ini terdapat enam rekomendasi wisata alam yang bisa dikunjungi ketika ke Sulawesi. Wisata alam tersebut mulai dari wisata ke daerah laut, pantai, gunung, hingga danau yang ada di Sulawesi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Rekomendasinya

1. Pantai Tanjung Gundul

Melansir dari Disparbud Banggai Laut Banggai Laut merupakan sebuah daerah yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Banggai laut adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan.

Salah satu tempat wisata di Banggai Laut yang populer di antara wisatawan adalah Pantai Tanjung Gundul. Pantai ini disebut sebagai permata tersembunyi dan terkenal dengan airnya yang jernih serta pasir putihnya yang cantik.

Lokasinya sendiri berada di Banggai Laut, Sulawesi Tengah dengan jarak sekitar 200 kilometer dari Kota Palu. Pantai ini bisa diakses menggunakan mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam.

Wisatawan bisa menikmati Pantai Tanjung Gundul dengan sejumlah aktivitas menarik seperti berenang, snorkeling, hingga menyelam.

2. Air Terjun Piala

Air Terjun Piala merupakan destinasi wisata alam yang berlokasi di Hanga-Hanga, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang indah berupa air berwarna hijau kebiruan yang menyegarkan.

Selain itu sekeliling air terjun ini terdapat pepohonan besar yang rindang dan membawa nuansa sekitar sejuk. Pesona Air Terjun Piala identik dengan air terjun bertingkat sehingga terlihat seperti tangga yang berundak.

Tinggi air terjun tersebut rata-rata sekitar 7 meter di setiap air terjun yang mengalir dan aman untuk berenang atau bermain air. Selain itu wisatawan bisa berkemah atau berpiknik di sekitar air terjun karena terdapat lahan kosong.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Pantai Tengkera

Pantai Tengkera berada di Sukarela Jaya, Kec. Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dan buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Melansir dari Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara Pantai ini mempunyai garis pantai yang cukup panjang.

Selain itu pasir pantainya memiliki pasir pantai putih dengan tumbuhnya sejumlah pohon kelapa yang berjejer di tepi pantai. Namun untuk berkunjung ke pantai ini pengunjung harus tracking terlebih dahulu dan berhati-hati.

Pasalnya untuk sampai ke pantai pengunjung harus turun melewati titian batu serta tangga di sekitar tebing. Pemandangan di Pantai Tengkera dinilai sangat indah terutama air lautnya yang sangat jernih dan terjaga kebersihannya.

4. Wakatobi

Wakatobi merupakan destinasi wisata populer yang sudah dikenal dengan wisata alamnya yang indah. Wakatobi berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan telah ditetapkan oleh UNESCO pada 2012 sebagai Cagar Biosfer Bumi ke-8 di Indonesia dan ke-598 di dunia.

Wakatobi memiliki destinasi wisata alam yang menarik mulai dari Taman Nasional Wakatobi, Goa Kontamale, Puncak Khayangan, Kampung Bajo Mola, Pulau Hoga, Pemandian Alam Hendaopa, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Gunung Nona

Gunung Nona atau dikenal juga dengan nama Buttu Kabobong merupakan destinasi wisata yang lokasinya ada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung ini memiliki keindahan alam yang menawan dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Melalui puncak gunung wisatawan bisa melihat hamparan pegunungan, lembah, hingga sawah yang hijau. Saat ini di Gunung Nona pengunjung bisa menikmati sejumlah fasilitas mulai dari area parkir, warung makan, area berkemah, dan spot foto menarik.

6. Pantai Samalona

Pantai Samalona merupakan wisata alam yang ada di Sulawesi Selatan atau tepatnya ada di Selat Makassar. Tempat wisata ini disebut sebagai surga kecil Makassar dan menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal dan mancanegara.

Untuk berkunjung ke Pantai Samalona wisatawan harus menyebrang melalui dermaga di Kota Makassar. Perjalanannya yang ditempuh sekitar 45 menit dan ketika sampai terdapat hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih.

Pantai ini juga memiliki deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi dan indah di pulaunya. Selain itu pengunjung juga bisa melihat beberapa kapal perang peninggalan Perang Dunia ke-2 yang ada di dalam laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.