Sukses

6 Pendaki Gunung Marapi Asal Riau Dikabarkan Belum Turun

Sebanyak 6 pendaki Gunung Marapi dikabarkan belum turun setelah gunung api di Sumatera Barat itu erupsi pada Minggu petang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebanyak 6 pendaki Gunung Marapi dari Provinsi Riau belum turun setelah gunung di Sumatra Barat itu erupsi pada Minggu siang, 3 Desember 2023. Penyelamatan atau evakuasi korban erupsi gunung itu tengah dilakukan pihak terkait.

Sebelumnya, ada 29 pendaki dari Bumi Lancang Kuning naik sebelum erupsi Gunung Marapi terjadi. Jumlah itu merupakan bagian dari 75 pendaki dari berbagai daerah yang terdata oleh petugas.

Kepala Bidang Rehabilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Rozita menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD Sumbar.

"Ada 29 pendaki asal Riau, 6 di antaranya belum turun," kata Rozita, Senin siang (4/12/2023).

Rozita menjelaskan, 6 pendaki asal Riau yang belum turun adalah Nazatra Adzin Mufadhal, M uhammad Wilki Saputra, Muhammad Ridho Kurniawan, Ilham Nanda Bintang, Muhammad Adhan dan Muhammad Arbi Muharman.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pendaki

Adapun 23 pendaki dari Riau yang sudah turun yaitu :

1. Elika Maharani

2. Dewi Anggraini

3. Naomi Joana Simanjuntak

4. Sri Wahyuni

5. Benget Hasiholan Maremare

6. Lolita Veronica

7. Diyah Surya Purnama Sari

8. Syaiful Anwar

9. Ahmad Albar

10. Lidia Fatmasari

11. Brima Danu

12. Ikhwanudin

13. Firnando Situmorang

14. Iqbal

15. Jeni

16. Toni Alifian

17. Al Fajri

18. Selastri Anggini

19. Nur Rizki

20. Aditya Sukirno Putra

21. M Alif

22. Lingga Duta Andrefa

23. M Faith Ewaldo

Sebelumnya, petugas pemantau Gunung Marapi, Ahmad Rifandi mengatakan, erupsi terjadi pada Minggu kemarin pukul 14.54 WIB.

"Tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 m di atas puncak atau sekitar 5.891 m di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur," katanya melalui keterangan tertulis.

Dia mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilometer dari kawah/puncak.

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera Barat. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.