Sukses

5 Atlet Muda Kickboxing Wakil Sukabumi Targetkan 3 Medali Emas Kejurnas 2023

Kota Sukabumi kirimkan lima atlet muda dalam ajang Kejurnas 2023, usia masih belasan tahun siap tarung untuk gaet medali emas.

Liputan6.com, Sukabumi - Lima atlet kickboxing asal Kota Sukabumi diberangkatkan untuk ajang Indonesia Bela Diri Campuran Amatir Mix Martial Art (IBCA-MMA) Kejuaraan Nasional yang memperebutkan piala Menpora dan piala Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Mereka mentargetkan tiga medali emas untuk nama Sukabumi dalam kategori kelas yang berbeda-beda. Perlombaan kickboxing itu berlangsung pada 28-30 November 2023 di Gedung Serba Guna Antarikshe Koopsau 1 Jakarta Timur. Kelima atlet ini merupakan binaan BO.S.S X Rumah Inspirasi Alus Pisan (RIAP). 

Manager Kontingen MMA Provinsi Jawa Barat Robby R Sanjaya mengatakan, secara umum Jawa Barat mengirimkan sebanyak 38 atlet kickboxing, setelah melalui seleksi ketat selama satu bulan ke belakang. 

"Kalau MMA Kejurnas ini memperebutkan Piala Kemenpora dan Kasau, mungkin secara level, ini level nasional jadi di antara pertandingan lainnya ini yang paling bergengsi. Kita di Jabar itu kalau nggak salah yang masuk atlet kurang lebih sekitar 70 dan kesaring cuma 38 tadi dari semua kelas yang dipertandingan," kata Robby saat ditemui di lokasi latihan, Senin (27/11/2023). 

Robby mengungkapkan, para perwakilan dari Sukabumi ini terpilih karena dinilai memiliki jam terbang yang cukup banyak dalam mengikuti perlombaan kickboxing. Sebab itu, mereka berpeluang untuk meraih piala emas bagi Jawa Barat. 

"Yang paling berpotensi juara tiga ya khusus atlet dari Kota Sukabumi. Karena mereka ini jam terbangnya sudah lumayan, itu ada Aqsal, Ramdan, dan Milki," jelasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Muda Usia Belasan Tahun

Sementara, Pelatih sekaligus Official MMA Jabar Dede Galib menuturkan, para atlet kick boxing dijadwalkan berangkat pada hari ini untuk mengikuti penimbangan badan. Kelima atlet asal Sukabumi mengikuti perlombaan di kelas 65 kg, 48 kg, 70 kg, 77 kg, dan 70 kg (senior). Sebagian besar merupakan para pelajar SMA yang berusia belasan tahun.

"Untuk teknisnya main di hari Selasa, Rabu dan Kamis. Dari lima atlet target kita tiga emas," ujar Galib. 

Lebih lanjut, para atlet sudah mendapatkan pelatihan khusus setiap hari selama dua bulan. Latihan kickboxing itu mulai dari latihan fisik dan aturan-aturan yang diperbolehkan dan dilarang dalam pertandingan MMA. 

"Ada yang full dan tidak. Kalau sekarang ada peraturan baru untuk MMA junior jadi tidak boleh pukul kepala. Kalau yang sudah pro bisa pukul semua. Kita kirim empat atlet amatir dan satu pro," tutur dia. 

Adapun kelima atlet kickboxing asal Sukabumi yaitu: 

  1. Muhamad Aqsal Akbari (siswa SMAN 4 Sukabumi)
  2. Muhammad Ramdan (siswa SMKN 2 Sukabumi)
  3. M. Milki Alkhoiry (atlet pro RIAP)
  4. Muhammad Ali Rido (siswa SMK Pertanian Sukalarang)
  5. Denis (siswa SMK Pertanian)

Pihaknya menambahkan memiliki rencana setelah mengikuti pertandingan Kejurnas, tim BO.S.S X Rumah Inspirasi Alus Pisan (RIAP) juga menggaet kejuaraan di ajang Porprov dan PON 2024. Terlebih, MMA kini sudah menjadi cabang olahraga baru yang diresmikan KONI. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini