Sukses

Serba Serbi Sosok Cawapres Prabowo, dari Erick Thohir, Ridwan Kamil, hingga Gibran

Sosok Cawapres Prabowo saat ini masih menjadi teka-teki diantara masyarkat. Adapun beberapa nama kembali jadi perhatian yaitu Erick Thohir, Ridwan Kamil, hingga sosok Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini, Prabowo Subianto belum mengumumkan siapa sosok cawapres yang akan menjadi pasangannya dalam Pemilu 2024. Meski pendaftaran hari pertama telah berlalu,ampai saat ini identitas dari Cawapres tersebut belum dibagikan kepada publik.

Banyak warganet yang mulai bertanya-tanya siapa sosok cawapres yang akan dipilih oleh Prabowo. Mengingat ada banyak nama yang bisa menjadi kandidat pasangan Prabowo dan populer di kalangan publik.

Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, hingga sosok Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan.

Di antara banyaknya calon kandidat cawapres Prabowo Subianto tersebut, saat ini pihak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum membagikan identitas Cawapresnya. Namun baru-baru ini dua nama dari kandidat calon tersebut diketahui sudah mulai membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang disebut-sebut untuk memenuhi syarat pendaftaran Pilpres 2024.

Melansir dari Liputan6, dua kandidat cawapres Prabowo tersebut di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Adapun Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas polri Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan membenarkan informasi tersebut.

“Sampai saat ini ada tujuh yang sudah mengurus SKCK dan sudah diterbitkan SKCK-nya termasuk Prof Yusril dan Pak Erick Thohir,” ujar Ramadhan pada Kamis (19/10/2023).

Sebelumnya, Pejabat Humas PN Jaksel Djuyamto menyampaikan kepada wartawan pada Rabu (18/10/2023), bahwa PN Jakarta Selatan juga telah menerbitkan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana atas nama pemohon Erick Thohir dan Yusril Ihza.

“Memang benar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengeluarkan beberapa surat keterangan tidak pernah dipidana atas nama pemohon Yusril Ihza Mahendra, Erick Thohir,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kode Cawapres dari Sekjen Gerindra

Melansir dari Antara Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan sejumlah kisi-kisi terkait sosok yang akan menjadi bakal cawapres Prabowo. Ia menyampaikan bahwa sosoknya adalah seorang anak muda.

“Saya mau memberi isyarat kisi-kisi tentang calon wakil presiden Pak Prabowo hanya dengan pantun, yakni ‘Indonesia negeri yang kaya, penduduknya berjuta-juta, kita ingin Indonesia jaya, Prabowo dan anak muda jawabannya’,” ujarnya.

Adapun pada kesempatan yang sama, Ahmad Muzani menambahkan kisi-kisi lain dalam sebuah pantun terkait sosok cawapres Prabowo. Ia menyebutkan bahwa sosok tersebut mempunyai pengalaman di pemerintahan.

“Beli pisang sambil sepedaan, pulangnya mampir Stasiun Balapan. Cawapres Pak Prabowo akan segera diumumkan, dia sosok berpengalaman di pemerintahan,” ujarnya.

Adapun ia tidak menjelaskan dengan rinci apa makna dari pantun tersebut yang membuatnya lebih condong kepada sosok Gibran Rakabuming Raka. Namun yang pasti saat ini keputusan Cawapres Prabowo masih belum diumumkan.

Selain itu, saat ini publik khususnya pendukung Prabowo banyak yang tidak setuju jika sosok pendamping Prabowo adalah Gibran. Sehingga, pengumuman Cawapres Prabowo semakin dinanti-nanti oleh masyarakat saat ini.

3 dari 3 halaman

Kapan Bakal Cawapres Prabowo Diumumkan?

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan jika bakal Cawapres Prabowo Subianto kemungkinan akan diumumkan usai ketua umum (ketum) partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat.

Adapun Ahmad Muzani berharap pengumuman bakal Cawapres tersebut akan diumumkan tidak lama dari rapat tersebut. Tidak sampai satu atau dua hari namun ia berharap dalam hitungan jam semoga bisa diumumkan.

“Mudah-mudahan bukan sehari, dua hari, (tapi hitungan) jam-lah, mudah-mudahan ya,” ujarnya mengutip dari Antara.

Sebelumnya, diketahui jika pendaftaran Capres dan Cawapres Pemilu 2024 telah dibuka sejak Kamis (19/10/2023). Adapun batas pendaftarannya akan ditutup pada Rabu, 25 Oktober 2023 mendatang.

Adapun untuk pendaftaran di tanggal 19 hingga 24 Oktober akan dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Kemudian pada hari terakhir yaitu 25 Oktober pendaftaran dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 23.59 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini