Sukses

Mudah Tumbuh, Berikut Lima Sayuran yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Menanam sayuran di halaman rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang memiliki kandungan air dan menjadi sumber penting bagi tubuh untuk menunjang kesehatan karena mengandung vitamin hingga mineral.

Namun tahukah Anda, dari beberapa jenis sayuran, ada sayuran yang bisa dengan mudah tumbuh dihalaman rumah jika dirawat dengan baik. Menanam sayuran di halaman rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan sangat cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang Anda.

Apa saja sayuran yang bisa tumbuh dengan mudah dihalaman rumah?, berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda dari berbagai sumber.

1. Pakcoy

Pakcoy dikenal sebagai sayuran yang mudah dibudidayakan dengan mekiliki warna hijau tua, batangnya berwarna putih atau hijau muda dengan waktu panen yang sangat singkat, yakni sekitar 30 hingga 45 hari.

Selain itu, pakcoy juga mudah tumbuh diberbagai media tanam, mulai dari tanah hingga hidroponik. Sayuran ini juga mengandung vitamin K, A, C, dan E, asam folat, protein, dan kalsium sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

2. Tomat

Tomat adalah salah satu tanaman yang cocok buat Anda tanam dihalaman rumah. Tomat merupakan tumbuhan yang suka tumbuh diarea yang mendapatkan paparan matahari penuh. Anda bisa menamnya di dalam pot dengan memberi penyanga seperti tiang untuk menjaga tanaman agar tetap kokoh.

Selain untuk sayuran, tomat juga bermanfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan kulit. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin dan senyawa dalam buah tomat yang baik untuk kesehatan terutama Likopen.

Likopen merupakan zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Likopen bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Selain likopen, buah bewarna merah ini ternyata juga kaya akan serat, vitamin C, kalium, vitamin K1, vitamin B9 (Folat), likopen, beta karoten, flavonoid serta asam klorogenat.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kangkung

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang lezat dan menjadi favorit banyak orang. Maka tidak heran kalau sayuran satu ini sering menjadi menu di berbagai restoran. Namun tahukah Anda, sayuran ini sangat mudah tumbuh dihalam rumah apabila dirawat dengan baik.

Jika ingin menanam kangkung pastikan Anda memilih bibit yang baik, kangkung ini suka tumbuh di tanah yang gembur dan pastikan Anda menyiramnya secara teratur. Kangkung adalah jenis sayuran yang memiliki beragam manfaat, mulai dari menjaga kesehatan mata hingga mencegah diabetes.

Kangkung memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, kalium, beta-karoten hingga vitamin C.

4. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang banyak digemari banyak orang. Dan ternyata, sayuran ini mudah tumbuh dihalaman rumah dengan kondisi tanah yang gembur, atau juga bisa di dalam pot dan pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

Sayuran yang identik dengan dijadikan olahan sup ini memiliki beragam manfaat mulai dari mengurangi resiko penyakit jantung, kolestrol tinggi, serta dupercaya juga dpaat mengobati cacingan. Wortel ini adalah sayuran yang kaya akan vitamin A, Biotin, Vitamin K1, Vitamin B6, hingga Kalium.

5. Selada

Selada merupakan sayuran yang mudah tumbuh dan dapat ditanam di halaman rumah dengan baik apabila mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain itu, Anda juga harus rutin menyiramnya agar tumbuh dengan subur.

Sayuran berdaun hijau ini juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.