Sukses

Gibran dan Selvi Terbang ke Amerika demi Promosikan Kota Solo

Gibran Rakabuming Raka cuti dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo karena herua bwerangkat ke Amerika Serikat untuk promosikan Kota Solo.

Liputan6.com, Solo - Gibran Rakabuming Raka cuti dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo hingga pertengahan September. Ia cuti lantaran harus melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk mempromosikan Kota Solo.

Seretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani mengatakan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti karena akan melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Hanya saja kapan berangkatnya, ia mengaku tidak begitu ingat tanggal pastinya.

“Cutinya mulai ini atau besok nggak hafal. Cutinya sampai tanggal 14 atau 16 September,” kata dia di Balai Kota Solo, Rabu (6/9/2023).

Seperti diketahui Gibran terlihat masih ngantor di Balai Kota Solo pada Rabu (6/9/2023). Putra sulung Presiden Jokowi itu pukul 07.30 WIB telah tiba di ruang kerjanya, tapi ia bergegas meninggalkan Balai Kota Solo sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah itu hingga siang hingga sore hari tidak terlihat kembali ke balai kota.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diundang KJRi New York

Menurut Ahyani, Gibran berangkat tidak sendiri tetapi didampingi istri tercinta Selvi Ananda sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo. Sedangkan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Solo tidak ada yang ikut berangkat ke Amerika mendampingi Gibran dan Selvi.

“Saya kurang tahu tapi kayaknya nggak ada OPD yang ikut. Saya nggak memberikan surat tugas,” ujarnya.

Ahyani mengungkapkan keberangkatan Gibran ke Amerika Serikat untuk mempromosikan Kota Solo. Selain itu juga kemungkinan besar untuk memenuhi undangan KJRI New York. Pihak KJRI New York sempat mengutus utusan mendatangi Balai Kota Solo untuk bertemu Gibran sekitar dua bulan lalu.

“Ya mungkin itu dalam rangka itu. Ya mungkin penjajakan dulu. Usulannya sudah lama sebenarnya, sudah hampir setengah tahun lalu. Setelah pulang dari Paris, beberapa saat ada permintaan event di Paris juga bisa dilaksanakan di New York,” kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Plh Wali Kota Solo

Selama meninggalkan Tanah Air, Ahyani mengungkapkan kini Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menjabat sebagai Pelakasana harian (Plh) Wali Kota Solo menggantikan sementara Gibran Rakabuming Raka. Tugas Plh Wali Kota Solo akan diemban Teguh hingga Gibran kembali ke Solo.

“Pak Teguh jadi Plh Wali Kota Solo mulai hari ini sampai beliau pulang,” sebutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini