Sukses

Manfaat Tomat bagi Kesehatan, Jaga Kesehatan Jantung hingga Kulit

Tomat kaya akan vitamin dan senyawa terutama likopen yang bermanfaat bagi tubuh.

Liputan6.com, Padang - Tomat merupakan tumbuhan yang ditemukan pertama kali di Amerika Selatan dengan nama latin Lycopersicum esculentum mill yang memiliki cita rasa asam dan juga berkombinasi dengan manis.

Tomat kaya akan vitamin dan senyawa terutama likopen. Likopen merupakan zat warna merah yang terdapat dalam buah tomat yang bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Selain itu, tomat juga memiliki kandungan lain seperti serat, vitamin C kalium, vitamin K1, vitamin B9 (Folat), likopen, beta karoten, flavonoid, asam klorogenat, zat zeaxanthin serta lutein

Di Indonesia, masyarakat lazim menjadikan buah tomat sebagai pelengkap makanan seperti membuat sambal, salad, sebagai pelengkap roti lapis serta jus dan sup.

Selain pelengkap makanan, ternyata buah tomat memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut Liputan6.com dari manfaat buah tomat bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui dari berbagai sumber:

1. Melancarkan Pencernaan

Seringkali sembelit menyebabkan Anda buang air besar yang tidak hanya jarang tetapi juga sulit keluar. Sembeli pada setiap orang yang mengalaminya disebabkan oleh beberapa faktor seperti olahraga yang tidak teratur, dehidrasi atau salah mengomsi makanan.

Apabila Anda mengalami sembelit, mengonsumsi buah tomat dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Hal itu disebabkan karena kandungan air yang terdapat dalam buah tomat serta vitamin C dan antioksidan. Dengan mengonsumsi buah tomat dapat membantu Anda melancarkan buang air besar serta menurunkan resiko sembelit yang berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tomat dipercaya untuk menjaga kesehatan jantung karena dalam buah tomat memiliki kandungan likopen. Likopen ini merupakan zat warna merah yang terdapat dalam buah tomat yang bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Jadi jika Anda mengonsumsi tomat secara rutin dengan porsi yang pas maka kadar likopen yang terkandung dalam tomat mampu membantu mengurangi risiko tinggi terhadap serangan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan yang terdapat dalam buah tomat yaitu Beta Karoten, Likopen, dan Lutein merupakan antioksidan dan memiliki manfaat untuk melindungi mata. Nutrisi yang terdapat dalam buah itu dipercaya dapat melidungi mata dari penyakit katarak dan sekaligus mendukung penglihatan mata secara keseluruhan.

Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk melindungi mata dari biru cahaya yang dipancarkan oleh perangkat digital seperti smartphone, hal itu dikarenakan zat zeaxanthin dan lutein yang terkandung dalam tomat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Likopen dalam tubuh dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengurangi molekul yang disebut radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah tomat juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.

Jadi jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, maka cobalah untuk mengonsumsi buah ini dengan porsi yang cukup dan cara yang teratur setiap hari.

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi berbagai makanan dan buah-buah yang mengandung likopen, vitamin C, dan antioksidan. Kandungan itu ditemukan dalam buah tomat sehingga dapat memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Penyakit tulang atau nyeri pada tulang disebabkan oleh berbagai faktor seperti kekurang mineral, infeksi tulang, cedera akibat kecelakaan ataupun cedera pada saat berolahraga.

Tomat dipercaya untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan vitamin K dan kalsium. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang, sementara Vitamin K pada tomat dapat mendukung penyerapan kalsium.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah tomat memiliki peranan penting dalam pembentukan Kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku.

Selain itu, vitamin B mulai dari B1 dan B9 juga dinilai sangat penting untuk mengurangi penuan dini pada tubuh yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik hingga kerutan pada wajah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.