Sukses

5 Makanan Indonesia Ini Mirip dengan Makanan Jepang

Meski memiliki kemiripan dengan makanan Jepang, tetapi makanan Indonesia lebih populer dengan kekayaan rempahnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain terkenal dengan kekayaan budayanya, Indonesia juga dikenal dengan kekayaan kulinernya. Berbagai olahan makanan Indonesia ini ternyata juga memiliki kemiripan dengan makanan khas Jepang.

Meski memiliki kemiripan dengan makanan Jepang, tetapi makanan Indonesia lebih populer dengan kekayaan rempahnya. Hal tersebut membuat cita rasa masakan Indonesia memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut beberapa jenis makanan Indonesia mirip makanan Jepang:

1. Bacang dan onigiri

Bacang merupakan olahan tradisional khas Indonesia yang mirip dengan makanan dari Jepang, yaitu onigiri. Bedanya, keduanya tidak menggunakan isian dan jenis daun yang sama.

Bacang biasanya berisi kentang dengan tambahan kecap, sedangkan onigiri biasanya berisi ikan tuna. Selain itu, bacang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, sementara onigiri dibungkus dengan menggunakan rumput laut kering atau nori yang bisa dimakan langsung.

2. Klepon dan dango

Klepon merupakan jajanan tradisional Indonesia yang berwarna hijau dengan taburan kelapa parut di sekelilingnya. Klepon memiliki tekstur kenyal dengan isian gula merah cair di tengahnya yang memberikan sensasi rasa manis.

Ternyata di Jepang juga ada jajanan yang mirip dengan klepon, yakni dango. Dango merupakan sejenis bola bola kukus kecil dengan isian gula merah cair di tengahnya.

Bedanya, dango disajikan dengan cara diberi tusukan dan tanpa taburan kelapa patlrut. Dango juga memiliki beragam warna, bukan hanya hijau.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lemper dan Sushi

3. Lemper dan sushi

Lemper dan sushi juga merupakan kuliner yang populer di negara asalnya masing-masing. Lemper yang merupakan olahan beras ketan dengan isian daging ayam khas Indonesia ini ternyata mirip dengan sushi.

Sushi memang menjadi salah satu makanan khas Jepang yang banyak dikenal dunia, termasuk Indonesia. Bedanya, sushi dibungkus dengan rumput laut kering atau nori dan disajikan dengan cara dipotong-potong, sehingga bisa langsung disantap dalam sekali gigit. Sementara lemper dibungkus dengan daun pisang dan disajikan tanpa dipotong-potong.

4. Mi ayam dan Ramen

Ramen menjadi makanan khas Jepang yang sudah sangat terkenal ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Ramen umumnya disajikan dengan pilihan kuah yang beragan.

Sama halnya dengan ramen, Indonesia juga memiliki olahan serupa yang dinamakan mi ayam. Meski memiliki tampilan yang sedikit berbeda, tetapi keduanya merupakan sejenis mi kuah yang menjadi ciri khas di negara asalnya.

5. Sate dan yakitori

Yakitori khas Jepang memiliki tampilan dan proses pengolahan yang hampir sama dengan sate khas Indinesia. Yakitori yang bermakna daging ayam ini juga dibakar dengan cara dipotong kecil-kecil terlebih dahulu dan kemudian ditusukkan pada tusukan bambu.

Meski hanpir mirip, keduanya juga memiliki perbedaan. Ukuran yakitori relatif lebih kecil dibandingkan sate. Yakitori dibuat untuk bisa dinikmati dalam sekali gigit.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.