Sukses

Solusi Digital untuk Mempercepat Pendaftaran Kartu Prakerja Warga Biak dan Supiori Papua

Tingkat kepesertaan Kartu Prakerja di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori memang yang terkecil dibanding kabupaten/kota lain di wilayah Papua.

Liputan6.com, Biak Numfor - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja berkunjung ke Biak, Papua, untuk melakukan pendampingan kepada warga Kabupaten Biak Numfor dan Supiori yang ingin mengikuti Program Kartu Prakerja.

Dari kunjungan selama dua hari, 10-11 September 2021, ada 67 orang yang mengikuti kegiatan pendampingan, 42 orang berasal dari Kabupaten Biak dan 25 orang dari Kabupaten Supiori.

“Kami datang langsung ke Kabupaten Biak Numfor dan Supiori untuk meningkatkan kepesertaan warga di dua kabupaten ini karena kami memiliki komitmen untuk memberi kesempatan yang sama kepada seluruh masyarakat di 514 kabupatan dan kota,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, di Biak Numfor, Minggu (12/9/2021).

Tingkat kepesertaan Kartu Prakerja di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori memang yang terkecil dibanding kabupaten/kota lain di wilayah Papua. Sejak Program Kartu Prakerja diluncurkan, hanya ada 9 warga Kabupaten Supiori dan 84 warga Kabupaten Biak Numfor yang telah menjadi penerima Kartu Prakerja.

Warga Biak dan Supiori yang mengikuti kegiatan pendampingan pendaftaran datang dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, dan smartphone. Smartphone diperlukan karena pendaftaran dilakukan secara online. Seluruh proses pendaftaran dilakukan sendiri oleh warga pada smartphone mereka dengan didampingi oleh tim Kartu Prakerja.

Denni mengatakan bahwa dengan solusi digital, peserta Kartu Prakerja di Biak dan Supiori dapat menikmati pelatihan secara online, dengan instruktur-instruktur yang sama bagusnya dengan yang dinikmati oleh peserta di daerah lain. Dengan online kita dapat melakukan pemerataan atas kelangkaan instruktur maupun lembaga pelatihan.

“Kalau kita menggunakan cara-cara lama, solusi-solusi lama, maka barangkali masyarakat di dua kabupaten ini akan agak lama mengejar apa yang sudah dicapai oleh para peserta di daerah lain.”

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi ke Pemda

Selain mendampingi warga yang ingin mendaftar, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja juga melakukan sosialisasi ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori agar ke depannya pemerintah daerah dapat mendampingi warganya.

“Kami menguatkan fungsi peran pemerintah daerah untuk melayani warga supaya bisa mengakses Kartu Prakerja,” kata Denni.

Penguatan fungsi pemerintah daerah ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 560/2821/SJ tentang Pelayanan Pendaftaran Kartu Prakerja. Dalam surat edaran ini, kepala daerah diminta untuk memerintahkan kepala dinas yang membidangi urusan tenaga kerja, perdagangan, perindustrian, pariwisata, serta koperasi, usaha kecil dan menengah untuk memberikan pelayanan pendaftaran bagi warga yang tidak bisa mendaftar secara online melalui website Program Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id.

Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah ini adalah dengan memberikan fasilitas alat elektronik seperti komputer, tablet, atau smartphone beserta akses internet yang terhubung di kantor masing-masing dinas, serta memberikan bimbingan pendaftaran kepada warga.

 

3 dari 3 halaman

Komitmen Pemda

Bupati Supiori, Yan Imbab, yang hadir dalam acara pendampingan ini antusias membantu warganya. Ia langsung memerintahkan Dinas Ketenagakerjaan untuk langsung merespon dan memastikan Program Kartu Prakerja bisa diakses oleh warga Supiori.

“Saya juga meminta Disnaker untuk menyediakan wifi corner di kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Supiori dan di UPT (Unit Pelayanan Teknis),” kata Bupati Yan. Ia pun akan mendorong penambahan menara BTS di wilayahnya.

Akses internet memang menjadi salah satu masalah di Kabupaten Supiori. Warga Supiori yang ingin mendapat jaringan internet stabil harus melalui perjalanan darat selama 2 jam ke Kabupaten Biak. Sementara di Biak pun, jaringan internet masih terbatas.

Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabuapten Biak Numfor, Mahasunu, berkomitmen untuk membantu keberhasilan Program Kartu Prakerja agar warganya dapat menikmati bantuan dari Kartu Prakerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Papua