Sukses

Plt Wali Kota Medan Ajak Warga Donor Darah demi Kemanusiaan

Liputan6.com, Medan - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengajak warga donor darah untuk kepentingan kemanusiaan. Ajakan disampaikan Akhyar berkaitan dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) yang digelar setiap tanggal 14 Juni.

Akhyar melakukan donor darah yang didakan di RSUD Dr Pirngadi Kota Medan, Jalan Prof HM Yamin, Kecamatan Medan Timur, pada Senin, 29 Juni 2020. Acara yang mengusung tema 'Darah yang Aman Menyelamatkan Kehidupan' bertujuan mengajak masyarakat bersama-sama donor darah.

"Dengan darah, justru menjalin kemanusiaan kita, dan ternyata perbuatan mulia tersebut membuat kita sehat," ucapnya.

Dikatakan Akhyar, donor darah sangat penting dilakukan. Selain membantu pasien yang membutuhkan juga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Dengan mendonorkan darah secara teratur akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membuat tubuh lebih sehat.

"Para pendonor darah ini sangat mulia karena telah menyerahkan sebagian hidupnya untuk kepentingan orang lain," ujarnya.

Ke depan diharapkan akan ada masyarakat yang mau donor darah, dan banyak pendonor aktif lainnya, sehingga rumah sakit tidak mengalami kekurangan darah jika ada pasien yang membutuhkan.

"Masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya mau menjadi pendonor, dan juga dapat menjadi pendonor aktif," harapnya.

2 dari 3 halaman

Fase Kenormalan Baru

Untuk menghadapi fase kenormalan baru atau new normal, warga Medan diimbau agar selalu senantiasa mematuhi anjuran protokol kesehatan terkait virus Corona COVID-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

"Salah satu protokol kesehatan yang dilakukan menggunakan masker saat berada di luar rumah, dengan pakai masker kita dapat mencegah penularan dan tertular," sebut Akhyar.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Pirngadi, Suryadi Panjaitan mengatakan, kegiatan donor darah berlangsung selama 2 hari hingga hari ini, Selasa (30/6/2020).

Senada dengan Akhyar, Sunardi juga mengajak warga Medan donor darah untuk kemanusiaan.

"Mari, warga Medan donor darah. Sebab, donor darah tidak hanya baik untuk orang lain, namun juga untuk kesehatan diri sendiri," Suryadi menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: