Sukses

Siap-Siap Stasiun Terisi Indramayu Beroperasi Awal Agustus

Liputan6.com, Cirebon - Stasiun Kereta Api Terisi di Desa Karangasem Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu akan kembali beroperasi pada 1 Agustus 2019 mendatang. Letak Stasiun Terisi Indramayu ada diantara stasiun Kadokangabus dan Telagasari jalur Cirebon - Jakarta. Daops 3 Cirebon meyakini pengoperasian kembali salah satu stasiun yang legendaris tersebut membantu meningkatkan pelayanan kereta api secara maksimal.

"Stasiun Terisi berhenti beroperasi tahun 2013 dan kami yakin akan meningkatkan kembali minat warga untuk naik kereta dari Terisi," kata Manajer Humas Daops 3 Cirebon Kuswardojo, Rabu (26/6/2019).

Berdasarkan catatan yang ada, Stasiun Terisi mulai beroperasi pada 1912. Stasiun tersebut berada di ketinggian 12 Meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Dia menjelaskan, Stasiun Terisi berhenti melayani penumpang karena kondisinya saat itu tidak lagi memungkinkan beroperasi.

"Kondisi stasiun tidak steril saat itu dan jumlah pengguna jasa yang terus berkurang menjadi salah satu alasan berhenti beroperasi," ujar dia.

Sejumlah pedagang asongan dan orang selain penumpang yang banyak keluar masuk ke stasiun. Menjadikan stasiun tidak aman bagi pengguna jasa dan perjalanan kereta api itu sendiri.

Namun, sambung dia, seiring dengan munculnya permintaan pengoperasian kembali. PT KAI berupaya mengakomodir hingga stasiun tersebut kembali beroperasi pada 1 Agustus 2019 mendatang.

"Kami berharap bisa memperoleh penumpang cukup banyak sehingga kedepan bisa lebih di perbanyak perjalanan kereta api yang berhenti di stasiun terisi," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Lima Perjalanan

Dia mengatakan, Stasiun Terisi rencananya akan melayani 5 perjalanan kereta api penumpang. Terdiri atas 2 perjalanan KA Tegal Ekspres relasi Tegal – Pasar Senen dan Pasar Senen – Tegal.

Sementara 3 perjalanan KA Cirebon Ekspres relasi Cirebon – Gambir dan Gambir – Cirebon.

"Bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa KA di Stasiun Terisi dapat melakukan pemesanan tiket mulai tanggal 1 Juli 2019 untuk jadwal keberangkatan perjalanan KA dari tanggal 1 Agustus 2019 mendatang," kata dia.

Berikut daftar keret api yang akan melayani penumpang naik dan turun di Stasiun Terisi Kabupaten Indramayu.

1. KA Tegal Ekspres (KA 209) Relasi Tegal – Pasar Senen.

2. KA Tegal Ekspres (KA 210) Relasi Pasar Senen – Tegal.

3. KA Cirebon Ekspres (KA 67) Relasi Cirebon – Gambir.

4. KA Cirebon Ekspres (KA 68) Relasi Gambir - Cirebon.

5. KA Cirebon Ekspres (KA 69) Relasi Cirebon – Gambir.

Saksikan video pilihan berikut ini: