Sukses

Pesan Patriotisme di Balik Desain Harley Davidson Sportster Evolution

Motor custom yang satu ini bukan hanya simbol kreativitas, tetapi juga sarat pesan kepahlawanan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berbicara Kustomfest tidak lengkap tanpa hadiah undian atau lucky draw yang ditawarkan. Demikian pula dengan Kustomfest 2018 yang menghadirkan Harley Davidson Sportster Evolution sebagai hadiah bagi pengunjung pembeli tiket yang beruntung.

Bukan tanpa alasan Lulut Wahyudi, Director Kustomfest, memilih motor ini sebagai hadiah undian. Pesan patriotisme ditampilkan lewat motor bergaya militer ini.

Ia mencoba menerjemahkan tema Kustomfest 2018 Color of Difference dalam setiap lini perhelatan custom terbesar di Indonesia ini. Tidak ketinggalan hadiah undian pun juga sarat nilai itu.

Menurut Lulut, keberagaman adalah warna sekaligus potensi untuk menjadi lebih kuat dan bersatu demi bangsa.

"Seperti halnya pahlawan pada zaman penjajahan bahu membahu tanpa melihat perbedaan dalam mengusir penjajah," kata Lulut dalam jumpa pers Kustomfest 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Jumat, 5 Oktober 2018.

Semangat dan inovasi Lulut untuk berkarya membuatnya memiliki ide menerapkan keberagaman di dunia custom. Motor ini lahir dari hobi dunia aero yang ditekuni Lulut untuk membawa pesan moral para penerbangan zaman dulu ke ranah budaya otomotif.

Ketika bertandang ke museum TNI AU Dirgantara Mandala, ia terkesima dengan performa pesawat tempur perang dunia kedua, Mustang P-51. Terlebih, satu hari sebelum penyelenggaraan Kustomfest 2018, bangsa Indonesia memperingati hari lahir TNI.

"Momentum ini menjadi landasan kuat untuk mempersembahkan karya istimewa sebagai bentuk apresiasi terhadap jiwa patriotisme pahlawan, khususnya di dunia dirgantara dalam mempertahankan keutuhan NKRI," ucap Lulut.

Untuk mempertahankan warisan ornamen vintage sosok pesawat zaman dulu, Helly KKK, artis mural Yogyakarta, membuat artwork pada tangki motor yang diberi nama Belo Negoro. Di tangki tertulis kalimat, kami dedikasikan untuk para pahlawan tentara nasional Indonesia yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Lulut mengungkapkan melalui Belo Negoro, ia ingin menunjukkan cara menghormati perjuangan para pahlawan bisa dilakukan dengan memperkenalkan dunia dirgantara kepada kalangan muda dan penggiat budaya custom lainnya.

"Pesan moral Kustomfest 2018 yang ditujukan kepada penggiat custom supaya bisa mewarisi sisi kreativitas para pendahulu dan turut melestarikan jiwa patriotisme mereka dalam berjuang demi kedaulatan bangsa Indonesia," kata Lulut.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kental Cita Rasa Militer

Harley Davidson Sportster Evolution sebagai basis utama motor dengan tetap mempertahankan sasis atau kerangka bawaannya. Lewat rekayasa engineering kuat serta didukung craftsmanship yang baik, motor lucky draw ini tampil stylish menonjolkan karakter tangguh.

Motor yang dimodifikasi selama 28 hari ini memiliki fork depan stock Sportster yang dibuat rebah enam inchi. Hasilnya, tampilan liar khas Retro Classic Cycles ditambah desain stang curved bar dan tangki model peanut.

Cita rasa militer semakin kental dengan desain cover jok bermaterial kain kanvas dari ransel yang lazim dipakai tentara termasuk polanya. Pemilihan warna asli green army tri colors pada moncong pesawat bergaya shark moon hasil karya Danny Hacka dari Solo memperkuat kesan militer.

Untuk mendapatkan kesempatan memenangkan motor ini pengunjung bisa membeli tiket masuk Kustomfest 2018 seharga Rp 60.000 per hari. Pembelian tiket tidak dibatasi dan dimasukkan ke kotak undian yang disediakan.

Kustomfest 2018 digelar di JEC pada 6 sampai 7 Oktober mendatang. Kegiatan tahunan sejak 2012 ini mengedukasi dan menginspirasi pecinta dunia kustom.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.