Sukses

Pesawat Kustom TNI-AU Bermesin Harley Bakal Mejeng di Kustomfest 2018

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Kustomfest 2018 sepertinya tidak hanya diisi motor atau mobil modifikasi keren saja, tapi juga pesawat modifikasi keren. Bukan sembarangan, pesawat milik TNI AU yang disebut RI-X WEL ini merupakan pesawat kustom pertama di Indonesia.

Dijelaskan Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi, pesawat ini sengaja dibawa di hajatan tahunan pecinta motor kustom ini untuk mengedukasi dan memberikan inspirasi positif bagi anak muda Tanah Air. Kehadiran pesawat ini juga yang bakal jadi pembeda gelaran yang bakal berlangsung di JEC Hall, Jogja Expo Center, Yogyakarta, 6 dan 7 Oktober 2018 ini.

"Tahun ini, Kustomfest 2018 - Color of Difference menghadirkan pesawat bersejarah TNI AU “RI-X WEL”. Ini pesawat pertama karya anak bangsa Indonesia, dan juga pesawat kustom pertama di Indonesia," tulis Lulut sebagai caption dalam postingan di akun Instagram-nya, Jumat (28/9/2018).

Lanjut Lulut, mengapai ia sebut pesawat kustom pertama, karena mesinnya bukan mesin pesawat terbang kebanyakan, Namun, pesawat ini bermesin Harley-Davidson WL 45ci.

"Pesawat ini dibuat tahun 1948, bayangkan 70 tahun lalu, para pendahulu TNI AU sudah bisa meng-kustom sebuah pesawat dan terbang. Jadi, kalo kalian baru bisa meng-kustom motor, jangan jumawa, jangan sombong, jangan arogan (di jalan)... Mari kita banyak banyak belajar pada “para kreator” pesawat RI-X, dengan segala keterbatasan (waktu itu) mereka bisa mendesain, meng-built, dan menerbangkannya.... 🙏🙏 Kita harus meneladani spirit mereka... 🙏🙏," tegasnya.

Sementara itu, Lulut juga bercerita bagaimana ia dan pihak Kustomfest mendapat izin untuk membawa pesawat bersejarah ini. Setelah proses pendekatan yang cukup lama dan panjang dengan pihak Museum TNI AU, dan akhirnya turun lah ijin resmi dari Pusat.

 
 
 
View this post on Instagram

(Ini Video cuplikan sewaktu saya mendismantle pesawat RI-X WEL, untuk menonton video lengkapnya, silahkan buka link di Bio IG saya) Dari awal kelahirannya @kustomfest 7 tahun lalu, dari tahun ke tahun saya selalu berpikir keras bagaimana Kustomfest bisa mengedukasi dan memberikan inspirasi positif anak-anak muda Indonesia... Ini yang membedakan Kustomfest... Tahun ini, Kustomfest 2018 - Color of Difference menghadir pesawat bersejarah TNI AU “RI-X WEL”, Ini pesawat pertama karya anak bangsa Indonesia, dan juga pesawat kustom pertama di Indonesia -Saya sebut pesawat kustom pertama karena mesinnya bukan mesin pesawat terbang layaknya, tapi pesawat ini bermesin motor Harley Davidson WL 45ci... Pesawat ini dibuat tahun 1948, bayangkan 70 tahun lalu, para pendahulu TNI AU sudah bisa “mengkustom sebuah pesawat” dan terbang. JADI, kalo kalian baru bisa mengkustom motor, jangan jumawa, jangan sombong, jangan arogan (dijalan)... Mari kita banyak banyak belajar pada “para kreator” pesawat RI-X, dengan segala keterbatasan (waktu itu) mereka bisa mendesain, membuilt, dan menerbangkannya.... 🙏🙏 Kita harus meneladani spirit mereka... 🙏🙏 Setelah proses pendekatan yang cukup lama dan panjang dengan pihak Museum TNI AU, dan akhirnya turun lah ijin resmi dari Pusat (Alhamdulillah & Terima Kasih TNI AU... 🙏🙏) dan kemarin Pesawat RI- X WEL sudah kita dismantle, untuk “di touch up dan di restorasi” di Retro Classic Cycles, bbrp bagian akan kita repair, seperti: Skin di wings dan fuselage, rib wings, tail wheels gears patah, dan kita painting ulang krn bbrp bagian sudah mulai termakan karat karena usia. Ini wujud nyata keperdulian Kustomfest terhadap warisan sejarah Indonesia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Okey, Saksikan detail Pesawat Kustom RI-X WEL dengan mesin Harley Davidson, di “Kustomfest 2018 - Color of Difference” 6-7 Oktober 2018, indoor & outdoor JEC Hall, Yogyakarta. Maju terus dunia kustom Indonesia Mari Bicara dengan Karya. #kustomfest #kustomfest2018colorofdifference #mengedukasi #menginspirasi #musiumtniau #nasionalisme #kejutankustomfest **Nah sekarang kalian sdh tau khan, Kenapa poster Kustomfest tahun ini ada gambar pesawatnya... 😁🤟

A post shared by I'm "LT" (@lulut_retro) on

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Kemarin Pesawat RI- X WEL sudah kita dismantle, untuk “di-touch up dan di-restorasi” di Retro Classic Cycles, beberapa bagian akan kita repair, seperti: Skin di wings dan fuselage, rib wings, tail wheels gears patah, dan kita painting ulang krn beberapa bagian sudah mulai termakan karat karena usia," jelasnya.

Dengan membawa pesawat ini di Kustomfest 2018, merupakan wujud nyata kepedulian Kustomfest terhadap warisan sejarah Indonesia.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.