Sukses

Duka di Rumah Pilot Pesawat Latih yang Jatuh di Cilacap

Liputan6.com, Malang - Jenasah Kolonel (Pnb) M.J Hanafie dimakamkan siang ini di Taman Pemakaman Marga Baka kompleks Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur. Almarhum adalah pilot dalam kecelakaan pesawat latih di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah.

Upacara pemakaman dilakukan secara militer. Keluarga almarhum sampai sampai rekan kerja turut mengantar pilot yang meninggal karena kecelakaan pesawat latih jenis Super Decathlon 8KCAB bernomor registrasi PK-RTZ itu.

Kakak kandung almarhum, Eva Nawang Wulan mengatakan, keluarga besar mendengar kabar meninggalnya Letkol (Pnb) M.J Hanafie tak lama setelah peristiwa kecelakaan pesawat itu terjadi.

"Dihubungi kemarin. Tentu kami sekeluarga terkejut mendengar kabar itu, sama sekali tak menyangka," kata Eva saat di rumah duka di Malang, Rabu (21/3/2018).

Sebelum dimakamkan, jenasah tiba di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh Malang dari Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta sekitar pukul 09.27. Jenasah disambut secara militer dan kemudian disalatkan di masjid dalam kompleks TNI AU.

Jenazah kemudian dibawa ke rumah duka di Jalan Dirgantara 2 Blok C4 nomor 37 Perum Dirgantara Kota Malang, sekitar pukul 10.35. Upacara persemayaman secara militer juga digelar. Para pelayat juga menyalatkan almarhum di masjid dekat rumah duka. Tangis dari keluarga pecah saat jenasah tiba di rumah duka.

Setelah seluruh prosesi di rumah duka selesai, barulah jenasah dibawa untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Marga Baka Kompleks Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh Malang. Sanak saudara, tetangga, kolega almarhum sampai para purnawirawan TNI AU hadir memberikan penghormatan terakhir.

 

1 dari 2 halaman

Rencana Terakhir Sang Pilot

Kolonel (Pnb) M Jusuf Hanafie meninggal dalam kecelakaan pesawat latih di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah. Pesawat latih jenis Super Decathlon 8KCAB bernomor registrasi PK-RTZ milik Genesa Flight Academy jatuh saat bermanuver.

Sebelum peristiwa itu terjadi, Salasi Hanifah, ibu kandung almarhum berencana menjenguknya di rumahnya di Jakarta. “Almarhum berencana mengajak ibu berlibur saat di Jakarta. Tapi ada musibah, ini sudah takdir,” kata Eva kakak kandung almarhum.

Suryanto, seorang rekan almarhum semasa SMA mengatakan, ada rencana reuni rekan – rekan sekolah dalam waktu dekat ini di Malang. Almarhum termasuk yang mengajak reuni itu dalam percakapan grup whatsapp.

“Rencananya pulang ke Malang sekaligus mengantar ibu kami berkumpul. Tapi takdir berkehendak lain,” ujar Suryanto.

Kolonel (Pnb) M Jusuf Hanafie adalah salah seorang pilot berpengalaman. Jabatan terakhirnya adalah Paban II/Sismet Ditdok Kodiklatau di Jakarta. Sejak November 2017 lalu, ia membantu latihan penerbangan di GFA sesuai surat permohonan dari Direksi GFA ke TNI AU yang ditindaklanjuti dengan penugasan dari TNI AU.

Artikel Selanjutnya
Kronologi Helikopter Jatuh di Morowali Versi BNPB
Artikel Selanjutnya
Identitas Korban Tewas dan WN China Penumpang Heli yang Jatuh di Morowali