Sukses

Cara Unik Polrestabes Surabaya Lepas Purnawirawan Polisi

Acara pelepasan purnawirawan polisi sudah kali ketiga diadakan di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal, untuk kali ketiga menggelar wisuda purnatugas yang diikuti 47 anggota yang telah mengabdi di kepolisian dan memasuki masa pensiun atau purnawirawan polisi.

Ke-47 anggota Polri tersebut terdiri dari dua orang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), empat Ajun Komisaris Polisi (AKP), dua Inspektur Polisi Satu (Iptu), 14 Inspektur Polisi Dua (Ipda), 10 Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu), delapan Brigadir Polisi Kepala (Bripka), tiga Brigadir, dan empat Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam sambutannya, Iqbal mengatakan, atas nama bangsa dan negara mengucapkan terima kasih atas pengabdian mereka selama ini kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hingga masuk ke masa purnawirawan tanpa cacat.

"Semoga para purnawirawan ini setelah kembali ke masyarakat bisa menjadi teladan sebagai warga negara yang baik," ucap Iqbal di Surabaya, Rabu, 30 Agustus 2017.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan tradisi Pedang Pora. Satu per satu para wisudawan purnatugas diantar dengan diiringi puisi dan lagu. Mereka pun menuju dan menaiki becak hias.

Tradisi Pedang Pora melepas purnawirawan polisi di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

Pantauan Liputan6.com, puluhan becak hias menuju Jalan Pahlawan, Surabaya. Satu becak dikayuh oleh sang kapolrestabes yang juga diikuti seluruh pejabat utama serta para kapolsek jajaran Surabaya.

Acara pelepasan purnawirawan polisi sudah dua kali diadakan Kapolrestabes Surabaya. Pertama pada Selasa, 14 Februari 2017, dengan melepas 32 pensiunan. Sementara yang kedua dengan melepas 28 pensiunan polisi pada Selasa, 23 Mei 2017.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.