Sukses

Mengenal Teknologi Platform e4 Milik BYD, Mobil Listrik Diklaim Bisa Mengapung di Air

BYD secara resmi meluncurkan sub-merek kelas atas yaitu Yangwang, yang meluncurkan teknologi baru yang dikenal sebagai Platform e4 pada Shanghai Auto Show 2023, Januari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - BYD secara resmi meluncurkan sub-merek kelas atas yaitu Yangwang, yang meluncurkan teknologi baru yang dikenal sebagai Platform e4 pada Shanghai Auto Show 2023, Januari lalu.

Peluncuran ini juga sekaligus debut 2 model kendaraan Yangwang, yaitu SUV Yangwang U8 dan juga supercar listrik Yangwang U9, keduanya dibanderol dengan harga sekitar 1 juta yuan.

Pihak Yangwang sangat mengedepankan teknologi Platform e4 yang sangat revolusioner, namun apakah Platform e4 itu?

Platform e4 adalah platform teknologi penggerak independen empat motor yang diproduksi secara massal pertama di Tiongkok, yang dirancang untuk menjamin keamanan terdepan bagi pelanggan. Dibandingkan dengan sistem transfer tenaga kendaraan konvensional, platform ini dapat secara tepat menyesuaikan perputaran keempat roda berkat kontrol vektor independen empat motor.

Dasar dari teknologi ini muncul dalam mobil konsep ET yang diluncurkan oleh BYD dua puluh tahun yang lalu, yang terinspirasi oleh kontrol postur tubuh yang sempurna dari seekor cheetah yang sedang berlari. 

Platform e4 mampu mengatur perputaran sisi roda secara independen pada kecepatan milidetik dengan sistem penggerak elektrik yang tanggap dan dengan demikian dapat mengontrol bodi kendaraan dengan lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaturan Roda Secara Real Time

Kemudian platform ini juga dapat memberikan keamanan yang lebih baik bagi pengguna, karena dapat mengontrol pergerakan kendaraan melalui pengaturan roda secara real-time. 

Sebagai contoh, ketika salah satu ban dari mobil pecah, teknologi ini dapat secara tepat menyesuaikan torsi ketiga roda yang tersisa dengan presisi milidetik, sehingga membantu kendaraan untuk berhenti dengan cara yang lebih stabil. Dengan begitu, fungsi ini bisa meminimalkan risiko kecelakaan.

Model yang dilengkapi dengan Platform e4 juga mengadopsi teknologi kedap air dengan rating IP68 untuk memungkinkan kendaraan mengapung di atas air melalui pengontrolan vektor independen empat roda.

Selain keamanan, Platform e4 juga menawarkan performa dan pengalaman berkendara terbaik. Platform ini menghasilkan kecepatan maksimum 20.500 rpm dan output tenaga kuda melebihi 1.100 tenaga kuda, sehingga memungkinkan kendaraan untuk berjalan di berbagai kondisi termasuk di jalan raya, off-road, dan di lintasan balap. 

Dengan Platform e4, kendaraan dapat melakukan putaran tangki 360 derajat di trotoar yang sangat lengket seperti aspal, dengan menggunakan motor listrik yang sangat terintegrasi yang dikembangkan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.