Sukses

Dukung Elektrifikasi, Kementerian ESDM Targetkan 10 Ribu Stasiun Penukaran Baterai Pada 2025

Dukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak kerjasama berbagai pihak untuk operasi Stasiun Penukaran baterai kendaraan Listrik Umum (SPBKLU)

Liputan6.com, Jakarta - Dukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak kerjasama berbagai pihak untuk operasi Stasiun Penukaran baterai kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Selain itu, terdapat juga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik.

Saat itu, terdapat tiga lokasi SPBKLU, yaitu di Kantor PLN UP 3 Cikokol, Tangerang, Alfamart Gandaria 3 Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, Kementerian ESDM telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Dalam payung hukum tersebut, diatus terkait infrastruktur pengisian baterai kendaraan listrik, yaitu SPBKLU dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mobil listrik.

"Melalui SPBKLU, pengendaraan kendaraan bermotor atau dalam hal ini sepeda motor listrik dapat menukar baterai yang lama dengan baterai yang sudah terisi dari rak penyimpanan, dan hanya membutuhan waktu penukaran skeitar 3 menit," jelas Rida, disitat dari Bisnis Liputan6.com, Selasa (3/11/2020).

Lanjut Rida, saat ini telah tersedia 9 titik lokasi SPBKLU, yang terdiri dari 6 unit di Jakarta Selatan, 1 unit di Kota Tangerang, dan 2 unit di Kota Tangerang Selatan.

"Sesuai dengan roadmap SPBKLU, maka di tahun 2025 nanti ditargetkan akan tersedia 10 ribu unit SPBKLU. Dan pada tahun 2030 kita berharap akan tersedia 15.625 unit SPBKLU," tegas Rida.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stasiun pengisian baterai mobil listrik

Sementara untuk SPKLU mobil listrik, saat ini sudah ada total 62 unit stasiun pengisian di 37 lokasi. Rencananya, pada 2025 mendatang ditargetkan akan terpasang 2.475 unit SPKLU di seluruh Indonesia.

"Dan pada 2030 akan terpasang, mudah-mudahan berhasil, sejumlah 7.146 SPKLU yang ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat. Seperti pusat perbelanjaan, area perkantoran, bandara, apartemen, pool taksi, atau yang lainnya," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.