Sukses

Diperhatikan Empat Hal Ini Saat Kendarai Motor Trail

Liputan6.com, Jakarta - Selain motor matik, bebek dan sport, kendaraan yang memiliki banyak penggemar ialah motor off-road atau trail. Mampu melewati berbagai kondisi jalan, ada hal-hal khusus yang patut diperhatikan sebelum mengendarai motor trail.

Berikut beberapa tips sebelum mengendarai motor trail atau off-road bagi pemula seperti dilansir Wahana Honda:

1. Jangan Mengendarai Sambil Berdiri

Meski terkesan gagah dan lebih keren, bagi pengendara pemula motor trail sebaiknya tak melakukan hal ini. Ketika pengendara berdiri di atas pijakan kaki, maka berat badan secara otomatis akan tertumpu pada 2 titik tersebut.

Karena bobot setiap orang berbeda, maka saat tumpuan hanya terpusat pada titik terbawah, maka ada kemungkinan pengendara akan kehilangan keseimbangan. Terlebih lagi medan yang dilalui cukup berat.

Karena itu, pengendara pemula lebih disarankan untuk duduk saat mengendarai motor jenis ini. Posisikan kedua paha mengapit tangki dan ujung kaki berlawanan dengan mesin.

Selain itu, lengan juga harus lentur dengan kedua siku di posisi menjauhi pinggang. Dengan posisi ini, pengendara dapat mengendarai kendaraan dengan nyaman dan aman serta ketika terjadi kecelakaan, tubuh tidak akan terbentur stang atau handlebar.

2. Kuasai Akselerasi

Saat berkendara di medan yang halus seperti aspal ataupun jalan tanah, pengendara wajib menguasai akselerasi, kopling hingga pengereman motor.

Hal ini penting dilakukan untuk terhindar dari kecelakaan atau terlempar dari motor karena salah melakukan akselerasi. Saat melalui jalan tak rata, pengendara disarankan menjaga kecepatan rendah dan kopling di gigi 2.

Selain itu, pengendara juga wajib melakukan pengereman yang lembut agar tidak tersentak dari kendaraan karena medan yang kurang bersahabat.

 

2 dari 2 halaman

3. Seimbangkan Akselerasi dan Tubuh

Ketika medan cukup berat dan menanjak, maka salah satu cara yang tepat untuk menaklukkan jalan tersebut ialah mengambil gigi dan rendah (gigi satu atau dua) serta posisi tubuh responsif.

Apabila tubuh dapat menyesuaikan ritme motor, maka pengendara dapat menguasai motor dengan tepat.

Sebagai pemula, pengendara disarankan untuk menjaga posisi pinggang menjauh dan berada di atas tangki. Atur gas sesuai dengan kebutuhan dan pertahankan kekuatan lengan agar dapat menjaga keseimbangan motor

4. Jangan Terlalu Show-off

Ketika masih dalam status pemula, disarankan untuk tidak terlalu show-off dan bergaya seakan sudah menguasai kendaraan.