Sukses

Cara Mudah Merawat Bodi Motor Berwarna Doff

Liputan6.com, Jakarta - Motor yang menggunakan warna doff semakin banyak diminati saat ini. Cat dengan tekstur agak kasar ini memiliki perawatan untuk menjaga tekstur warnanya. Meski sudah populer, beberapa pemilik motor masih belum paham cara membersihkan bodi motor.

Meski hampir sama seperti membersihkan bodi motor dengan cat metalik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar warna tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara merawat warna doff pada sepeda motor?

Menanggapi hal tersebut, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman mengatakan, pemilik hanya harus melakukan perawatan sederhana.

"Cukup dicuci dan dilap dengan kanebo atau kain micro fiber. Hampir sama saja dengan cat motor pada umumnya," kata Ade.

Ade menambahkan pemilik kendaraan sebaiknya tidak menambahkan cairan yang tidak diperuntukan bagi kendaraan dengan warna doff seperti baby oil.

"Enggak usah pakai cairan yang memang peruntukannya bukan untuk warna atau cat doff. Selain menambah kerja pemilik, hal itu takutnya malah membuat cat doff tak lagi seperti yang diharapkan," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Tidak Boleh di Wax

Selain itu, Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus menjelaskan, motor dengan cat doff tidak boleh di wax atau menggunakan material berbahan dasar minyak.

"Perawatan cat doff sangat mudah, cukup pakai sabun cuci piring, tidak boleh di wax atau pakai material yang berbahan dasar minyak karena dapat mengurangi karakter doff yang kasar," ujar Yanes.

Loading
Artikel Selanjutnya
Musim Hujan, Jangan Lupa Rawat Helm Agar Tidak Bau Apek
Artikel Selanjutnya
Jangan Terkecoh, Begini Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu