Sukses

Bahaya, Main Pokemon Saat Nyetir

Bermain Pokemon jelas mengganggu konsentrasi selama mengemudi.

Liputan6.com, London - Pokemon Go saat ini jadi gim ponsel yang populer di seluruh dunia. Banyak orang yang memainkannya di kala senggang dengan berburu Pokemon.

Perburuan Pokemon akan semakin menarik apabila si pemain memiliki mobilitas tinggi. Namun demikian, jika Anda memainkan gim buatan Nitendo ini wajib menjaga keselamatan diri.

Di beberapa negara, Pokemon Go mulai jadi barang ilegal karena dimainkan selagi mengemudi. Oleh karena itu, Royal Automobile Club (RAC) melarang permainan Pokemon Go saat mengendarai mobil.

"Jangan bermain Pokemon saat mengemudi. Pengemudi penting untuk tidak tergoda untuk menjalankan aplikasi pada ponsel mereka selagi nyetir," kata juru bicara RAC, Pete Williams seperti dikutip Motoringresearch.

Bermain Pokemon Go jelas mengganggu konsentrasi selama mengemudi. Ini sudah terbukti menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Alabama, Amerika Serikat (AS).

Tidak hanya mengimbau pengemudi, RAC juga menasehati pejalan kaki agar tidak berburu Pokemon ketika berada di trotoar sekalipun. Potensi kehilangan fokus membuat pejalan kaki memiliki risiko melangkah ke jalan raya atau titik berbahaya.

"Pejalan kaki jangan sampai terjebak dalam Pokemon dan membuat mereka berjalan ke jalur berbahaya. Banyak juga alasan lain yang membuat orang lengket dengan ponselnya, bukan memperhatikan langkah kemana mereka berjalan," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.