Sukses

Nih, 10 Kota dengan Udara Terkotor Dunia

WHO merilis kota dengan tingkat polusi udara tertinggi. Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak kendaraan.

Liputan6.com, New Delhi - Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) baru-baru ini mengumumkan 10 kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia. Empat dari 10 kota itu berasal dari India.

Meski demikian, kota dengan tingkat polusi tertinggi bukan dipegang salah satu dari empat kota itu. Kota terkotor di dunia adalah Zabul, Iran.

Dilaporkan Reuters, salah satu penyebab umum dari polusi udara itu adalah terlalu banyaknya kendaraan. Semakin banyak kendaraan, semakin banyak pula emisi gas buang yang tercampur ke udara.

Di India misalnya, penjualan mobil penumpang memang cukup tokcer. Hingga April saja, telah ada 242.060 unit mobil yang terjual. Sementara penjualan sepeda motor naik hingga 21 persen di bulan lalu.

Beberapa zat berbahaya hasil pembakaran kendaraan bermotor adalah karbon monoksida dan karbon dioksida.

Selain itu, beberapa penyebab utama lainnya adalah pemanas dan pendingin ruangan berskala besar, situs pengelolaan limbah, serta batu bara atau generator Diesel sebagai pembangkit listrik.

Beragam partikel kecil tersebut punya banyak dampak negatif jika terhirup dan masuk ke tubuh manusia. Selain kanker paru-paru, bahaya lain yang mengancam adalah stroke, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan kronis lain.

WHO mengatakan lebih dari 7 juta kematian prematur terjadi setiap tahun karena polusi udara, 3 juta dari mereka karena kualitas udara luar ruangan.

WHO juga membeberkan fakta bahwa dari 3.000 tempat di 103 negara yang disurvei, hanya 2 persen dari kota yang ada di negara miskin punya kualitas udara yang baik. Kontras dengan kota negara kaya yang mencapai 44 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.