Sukses

Beginilah Sosok Sportcar Mungil Terbaru Jepang

Liputan6.com, Tokyo - Meskipun pemerintah Jepang berusaha menekan penjualan kendaraan berjenis Kei atau kendaraan berukuran mungil, namun ternyata pabrikan otomotif tak kehilangan akal untuk tetap membuat mobil Kei tetap diminati banyak orang. Salah satu caranya dengan menciptakan sportcar namun dengan berukuran mungil.

Adalah Daihatsu sebagai salah satu produsen yang tetap mempertahankan eksistensi dari mobil Kei. Pabrikan tersebut baru saja memperkenalkan sportcar mungil yang diberi nama Copen.

Konsep dari Daihatsu Copen sebenarnya telah diperkenalkan tahun lalu pada ajang Tokyo Motor Show. Kendaraan ini menjadi sebuah mobil Kei dengan desain yang funky dan gaul yang pernah ada berkat desain convertible yang dimiliki, seperti dilansir dari Autoevolution, Jumat (20/6/2014).

Pada versi produksinya kali ini, Daihatsu Copen memiliki desain lampu belakang yang mengadopsi milik Renault dengan desain yang tajam. Sementara dimensinya memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm serta tinggi yang hanya 1.280 mm. Copen dibangun di sebuah rangka monokok ringan yang disebut D-Frame yang diklaim lebih kaku dibandingkan milik Kopen terdahulu.

Interior dari mobil ini tetap mengusung sebuah kesederhanaan seperti setir dan tuas persneling yang hanya dibalut kulit biasa serta pendingin udara yang tetap harus diatur secara manual. Sementara itu pada fitur hiburannya yang berada di konsol tengah menjadi bagian opsional yang akan ditawarkan Daihatsu sesuai selera konsumen.

Pada sektor jantung penggerak, Daihatsu Copen mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 660 CC dengan turbocharger. Mesin sportcar mungil tersebut mampu menghasilkan output tenaga sebesar 64 horse power (HP) dan torsi sebesar 92 Nm.

Sementara untuk perpindahan giginya, Daihatsu menawarkan dua pilihan transmisi yaitu manual lima percepatan atau otomatis CVT yang akan mentransfer tenaga ke roda depan dari Copen.

Copen yang diperkenalkan kali ini akan hadir dengan pilihan atap softtop yang menggunakan atap kanvas atau hardtop yang menggunakan atap dengan bahan sama dengan bodi namun memiliki bobot sangat ringan.

Daihatsu membanderol sportcar mungilnya dengan harga US$ 17.600 atau sekitar Rp 210,7 jutaan (estimasi kurs Rp 11.975 per dolar AS) untuk Copen dengan transmisi otomatis, sementara untuk versi trasnmisi manualnya dibanderol dengan harga US$ 17.800 atau sekitar Rp 213,1 jutaan. (Ysp/Gdn)