Sukses

Bencana Tanah Geser, Bupati Bogor Janji Kebut Hunian Sementara

Bupati Bogor Rachmat Yasin berjanji untuk segera membangun hunian sementara (huntara) bagi para korban longsor akibat pergeseran tanah.

Bupati Bogor Rachmat Yasin meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Kampung Gobang, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Yasin berjanji segera membangun hunian sementara bagi para korban bencana.

"Semuanya sudah terencana, agar masyarakat tidak tinggal di rumah sanak saudaranya karena itu sifatnya tidak akan lama," kata Yasin saat mengunjungi posko bencana di Kantor Desa Cibadak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2014).

Yasin juga mengimbau kepada para korban bencana tidak kembali ke rumah. Karena, lokasi itu masih sangat berbahaya untuk ditinggali. Usai mengunjungi pengungsian, Yasin langsung meninjau lokasi hunian sementara di Kampung Cimuncang.

Yasin tampak dengan mengunakan kendaraan Haglund bantuan dari PMI pusat. Kendaraan segala medan ini mampu melintasi medan bencana yang sulit terjangkau.

Lokasi hunian sementara awalnya ada di atas bukit Kampung Cimuncang. Namun karena lokasinya jauh akan menyulitkan masyarakat untuk beraktivitas.

"Maka saya pindahkan ke bawah dekat Lapangan Bola yang luasnya sekitar 1 hektare. Cukup untuk dijadikan hunian sementara. Saya juga sudah dapat lahan untuk hunian permanen yang lokasinya ada di Tegal Panjang seluas 5 Hektar," sambung dia.

Yasin memastikan, pembangunan hunian sementara akan dipercepat. Sehingga, dapat segera membantu masyarakat yang rumahnya sudah hancur karena bencana tanah longsor. "Paling cepat awal April dan paling telat 30 April, masyarakat sudah dapat menempatinya sambil menunggu hunian permanen yang akan diselesaikan kurang lebih 10 bulan ke depannya," tambahnya.

Selain itu, Yasin berencana mendirikan sarana umum seperti sekolah, sarana air bersih, MCK, mushola dan memperbaiki jalan yang rusak akibat pergeseran tanah.

"Sarana penunjang umum juga akan menjadi fokus pemerintah daerah, misalnya membangunan kembali sekolah yang rusak. Kan kasihan anak-anak bila tidak dapat bersekolah. Jalan-jalan yang rusak akan kita perbaiki karena jalan merupakan akses terpenting dari masyarakat," tukasnya. (Adm/Ism)

Baca juga:
[VIDEO] Tanah Ambles di Bogor dan Cianjur, Ratusan Rumah Hancur
Wakil Bupati Bogor: Tanah Geser Bencana Terparah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini