Sukses

Jokowi Nyapres, Regenerasi PDIP Sukses?

Sinyal kuat yang memunculkan nama Jokowi maju sebagai Capres 2014 menjadikan regenerasi di tubuh PDIP berjalan lancar. Akan kah begitu?

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kerap menyebut nama Joko Widodo atau Jokowi dalam pidato politik pada Rakernas III PDIP yang digelar di Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Sinyal kuat yang memunculkan nama Jokowi maju sebagai Capres 2014 itu menandakan regenerasi di tubuh PDIP berjalan lancar. Akan kah demikian?

Menurut Ketua Pelaksana Rakernas III PDIP Puan Maharani, nama Jokowi muncul merupakan bentuk regenerasi partai berlambang banteng tersebut. Sebab, Jokowi dinilai memberikan hasil nyata di lapangan yang membuatnya menjadi salah seorang kader terbaik PDIP.

"Kalau sekarang muncul nama-nama, salah satunya tadi seperti yang disebut oleh Ibu Mega dalam pidatonya. Ya tentu saja itu merupakan salah satu hasil bukti nyata di lapangan yang mengatakan PDIP memang sudah berusaha melakukan regenerasi secara bertahap," ujar Puan usai Rakernas di Ancol, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Menurut Puan, regenerasi sudah mulai dilakukan PDIP sejak 10 tahun yang lalu. Pembaruan atau penggantian generasi tersebut diterapkan secara berjenjang di setiap posisi dalam partai.

"Apakah itu melalui pilkada ataupun kemudian caleg-caleg dan kemudian ketua fraksi, saya rasa regenerasi itu sudah mulai dilakukan sejak 10 tahun yang lalu," kata Ketua Fraksi PDIP di DPR RI tersebut. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini