Sukses

KY Jemput Bola, Lowongan 3 Calon Hakim Agung Tetap Sepi Peminat

"Kita datang ke perguruan tinggi. Kita sosialisasi ke pengadilan tinggi itu bentuk lain dari jemput bola," kata Suparman.

Komisi Yudisial (KY) sudah membuka pendaftaran seleksi Calon Hakim Agung (CHA) tahap kedua 2013 untuk mengisi 3 lowongan hakim agung yang pensiun, pertengahan Juli 2013 lalu. Namun, hingga kini pendaftar untuk posisi itu masih sepi.

Menanggapi hal itu, Ketua KY Suparman Marzuki mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan juga menjemput bola dengan mendatangi sejumlah pengadilan.

"Kita datang ke perguruan tinggi. Kita sosialisasi ke pengadilan tinggi itu bentuk lain dari jemput bola," kata Suparman usai Halal bi Halal KY di Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Suparman menjelaskan, posisi hakim agung merupakan kesempatan yang terbuka bagi para hakim untuk meniti karier di jenjang hakim tinggi. Karena itu, Suparman mengimbau semua pihak yang merasa mampu dan berkompeten menjadi hakim agung untuk dapat mendaftarkan diri ke KY.

"Kita harapkan hakim-hakim yang memiliki syarat dan memiliki integritas, kualitas, monggo," tandasnya.

3 Posisi

Sebelumnya, Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar mengatakan KY telah menerima surat dari Mahkamah Agung tentang permintaan pengisian 3 posisi hakim agung yang akan pensiun semester kedua tahun 2013 dan awal tahun 2014. Posisi yang dibutuhkan untuk diisi adalah Hakim Agung bidang Pidana, Hakim Agung bidang Perdata dan Hakim Agung bidang TUN.

"Ketiga hakim agung yang akan pensiun adalah Hakim Prof Dr Komariah Emong Sapardjaja, Hakim Agung I Made Tara SH dan Hakim Agung Marina Sidabutar SH MH," ujar Asep di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2013 lalu. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini