Sukses

Jasa Marga Transjawa Tol Berlakukan Contraflow Arah Cikampek

PT Jasa Marga Transjawa tol memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow yang semula dari KM 55 sekarang dari KM 47 sampai 65 satu lajur arah Cikampek sejak pukul 11.46 WIB, Kamis (11/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga Transjawa tol memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow yang semula dari KM 55 sekarang dari KM 47 sampai 65 satu lajur arah Cikampek sejak pukul 11.46 WIB, Kamis (11/4/2024).

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasa Marga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo mengatakan, semua ini dilakukan atas diskresi dari pihak kepolisian untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

"Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek mulai meningkat," jelas dia dalam keterangannya.

"Atas diskresi dari pihak Kepolisian, PT Jasa Marga Transjawa Tol (JTT) lakukan perpanjangan contraflow KM 47 sampai dengan KM 65 arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 11.46 WIB," sambung dia.

Ria mengimbau, kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ungkap dia.

"Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini," kata Ria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arus Balik Lebaran Ada Diskon untuk Tol

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, untuk arus balik, potongan tarif tol hanya untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi keluar di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, pukul 05.00 WIB, hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

"Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal," ucap Lisye.

Lisye berharap potongan tarif tol 20 persen ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang agar dapat mengatur waktu perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir. Sehingga masyarakat tetap dapat memanfaatkan potongan tarif tol.

3 dari 3 halaman

Diskon Tarif Tol saat Libur Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya, pemerintah memastikan badan usaha jalan tol (BUJT) akan memberikan diskon tarif tol selama musim mudik Lebaran 2024. Hal tersebut diungkap oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Pemberian diskon tarif tol ini juga dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Insya Allah ada karena diskon itu untuk mengatur lalu lintas," kata Basuki dikutip dari Antara, Kamis (14/3/2024).

Beberapa BUJT menyediakan diskon tol pada periode-periode tertentu seperti musim liburan saat Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

Diskon ini diberlakukan di antaranya untuk membantu kelancaran lalu lintas dan meringankan beban biaya perjalanan masyarakat, serta mendorong wisata.

Namun, diskon tarif tol biasanya diterapkan di jam-jam tertentu di luar tanggal puncak arus mudik guna mendorong penggunaan jalan tol di luar jam sibuk dan mengurai kemacetan.

Basuki mengatakan hingga saat ini belum ada BUJT yang mengajukan pemberlakuan diskon tarif tol. Akan tetapi, dia memastikan diskon tetap akan diberlakukan pada momen Lebaran tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini