Sukses

BPIP: Islam dan Ideologi Pancasila Perkuat Kebhinekaan

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyambangi Pondok Pesantren El-Bayan, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (29/3).

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyambangi Pondok Pesantren El-Bayan, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (29/3). Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi mengatakan, kehadiran BPIP bertujuan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan memperkokoh nilai-nilai Kebhinekaan kepada ratusan santri.

“Acara mengambil tema Peran Pancasila dan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Kedamaian dan Kerukunan, diharapkan dapat menjadi momen rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa,” kata Prof Yudian melalui siaran pers diterima, Minggu (31/3/2024).

Prof Yudian menjelaskan, kemerdekaan Indonesia diisi dengan nuansa keberagaman. Dengan keberagaman, kehidupanberbangsa bisa berjalan damai dan rukun.

"Proklamasi kemerdekaan Indonesia terbaik dan terhebat sepanjang sejarah umat manusia di muka bumi ini", bangga pria yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Rektor Perguruan Tinggi Islam se-Asia ini.

Prof Yudian memastikan, Islam dan Pancasila tidak sama sekali bertentangan. Sebaliknya, keduanya justru saling menguatkan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

"Islam diturunkan ke Bumi tentu dengan maksud dan tujuan. Maksud dan tujuan ini coba dipahami oleh para ulama melalui ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist dan semuanya tertuang dalam Pancasila", ucap dia.

Prof Yudian pun mengajak kepada santri untuk mengembangkan pengetahuannya di berbagai bidang ilmu. Hal tersebut dinilai sebagai upaya menghadapi tantangan masa depan.

"Saya mengajak kepada adek-adek untuk terus belajar, tidak hanya fokus kepada satu pelajaran saja," ajak dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ideologi Pancasila Perlu Diperkuat

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Prakoso memaparkan, penguatan Ideologi Pancasila terhadap generasi muda sekarang perlu diperkuat. Hal itu penting, mengingat banyaknya pengaruh Ideologi lain yang ada pada zaman sekarang.

Ia pun mengajak kepada santri untuk selalu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan hobi atau passionnya masing-masing.

"Banyak cara mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila bisa lewat olahraga, musik, kuliner, seni budaya dan lainnya", ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama Pimpinan Pondok Pesantren El-Bayan 2 Cilacap, Muchammad Solehudin, mengapresiasi dan terima kasih kepada BPIP yang sudah menyelenggarakan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk para santri. Dia berharap, dengan Ideologi Pancasila yang semakin kokoh

Hal senada disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cilacap Taryo yang mewakili Pj. Bupati Cilacap. Dia menyebut Pancasila sangat relevan dalam segala kondisi, bahkan sangat berkontribusi tentang hubungan harmonisasi antara umat manusia.

“Kami mengajak kepada seluruh santri untuk memanfaatkan kesempatan ini, sehingga diharapkan dapat menambah dan memperkokoh ideologi kita,” dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini