Sukses

Pencapaian Luar Biasa! Pertamina Borong 34 PROPER Emas dari KLHK

KLHK juga memberikan penghargaan 76 PROPER Hijau untuk berbagai unit operasi Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta 34 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil diraih PT Pertamina (Persero) dengan subholding dan anak perusahaannya. Selain itu, KLHK juga memberikan penghargaan 76 PROPER Hijau untuk berbagai unit operasi Pertamina.

Capaian PROPER Emas Pertamina Grup di tahun ini pun meningkat tajam dibanding tahun lalu yang sebanyak 20 PROPER Emas. Secara nasional, Pertamina berhasil menyabet 43% PROPER Emas dari total 79 PROPER Emas di tahun 2023.

Direktur Utama Pertamina (Persero), Nicke Widyawati merasa bersyukur dan meminta Perwira Pertamina untuk tidak berpuas diri, karena masih banyak tantangan ke depan agar Pertamina bisa lebih baik lagi.

“Syukur Alhamdulillah saya bangga sekali dan ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwira karena tahun ini pencapaiannya luar biasa. Kalau tahun lalu PROPER Emasnya hanya 20 sekarang jadi 34. Semua subholding ini pencapaiannya luar biasa," ucapnya.

"Selain itu, juga kita mendapat 76 PROPER Hijau dan saya sendiri mendapatkan Green Leadership Utama, yang lebih membanggakan lagi Green Leadership Madya 3 dan tiga-tiganya kita borong. Tapi jangan berpuas diri masih banyak yang harus kita kerjakan, tahun depan harus lebih baik lagi dan pasti bisa,” jelas Nicke.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Pertamina

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan bahwa keberhasilan Pertamina memborong 34 PROPER Emas merupakan wujud nyata komitmen Pertamina dalam menjalankan usaha yang berbasis pada kepedulian lingkungan.

"Sebagai pemimpin transisi energi di Indonesia, Pertamina akan terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan investor global terhadap praktik bisnis Pertamina yang telah konsisten menerapkan aspek ESG di seluruh operasionalnya,” katanya.

“Pertamina terus komitmen mendukung target pemerintah mencapai NZE di tahun 2060 dengan mengurangi emisi dan melakukan berbagai inovasi dekarbonisasi di berbagai sektor sehingga seluruh proses bisnisnya dijalankan dengan ramah lingkungan,” jelas Fadjar.

Sebagai informasi, raihan PROPER Emas tahun 2023 tersebar di 5 Subholding yakni Upstream (12 PROPER Emas), Power & New Renewable Energy (3 PROPER Emas), Refining & Petrochemical Subholding (4 PROPER Emas), Commercial & Trading Subholding (12 PROPER Emas) dan Gas (3 PROPER Emas).

3 dari 4 halaman

Green Leadrship Utama

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berhasil mendapatkan penghargaan Green Leadership Utama sebagai pimpinan tertinggi perusahaan yang memperoleh peringkat emas. Tak hanya itu, Pertamina juga memborong 3 penghargaan Green Leadership Madya yang diraih para pimpinan subholding dan anak perusahaan.

Penghargaan Green Leadership Utama dan Madya diberikan kepada pimpinan Pertamina yang dinilai mampu memberikan solusi atas lima isu prioritas menyelamatkan bumi dan kemanusiaan yaitu mengakhiri kemiskinan, mengurangi ketimpangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat & berkelanjutan, dan transisi energi.

Hal ini sejalan dengan keberhasilan Pertamina dalam mengelola energi terbarukan, pengelolaan air secara bertanggung jawab, sumber daya alam, membangun fisik infrastruktur untuk menjaga kesehatan ekosistem dan komunitasnya, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, memperlakukan secara adil dan tidak diskriminasi.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemenang

Berikut ini merupakan daftar Pertamina Group Penerima PROPER Emas 2023

  1. Pertamina EP Field Rantau.
  2. Pertamina Hulu Energi - Jambi Merang.
  3. Pertamina EP Asset 5 - Field Sangasanga.
  4. Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS).
  5. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (DOBU).
  6. Badak NGL.
  7. Pertamina Hulu Energi - West Madura Offshore (PHE WMO).
  8. Pertamina EP Asset 4 - Field Sukowati.
  9. Pertamina EP Asset 4 - Field Donggi Matindok.
  10. JOB Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi.
  11. Pertamina EP Asset 2 - Field Limau.
  12. Pertamina EP Asset 2 - Field Pendopo.
  13. Refinery Unit II Sungai Pakning.
  14. Refinery Unit III Plaju.
  15. Refinery Unit VII Kasim.
  16. Polytama Propindo.
  17. Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang.
  18. Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu.
  19. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong.
  20. Perusahaan Gas Negara - Stasiun Kompresor Gas Pagardewa.
  21. Pertamina Gas West Java Area.
  22. Pertamina Gas Kalimantan Area - SKG Bontang.
  23. DPPU Minangkabau.
  24. Integrated Terminal Cilacap.
  25. DPPU Adi Sumarmo.
  26. DPPU Ahmad Yani.
  27. Fuel Terminal Rewulu.
  28. Fuel Terminal Boyolali.
  29. Fuel Terminal Maos.
  30. Integrated Terminal Balikpapan.
  31. DPPU Sepinggan.
  32. DPPU Supadio.
  33. Integrated Terminal Makassar.
  34. Fuel Terminal Pare-Pare.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini