Sukses

Re: Invent 2023, CTO AWS Ajarkan Cara Menjadi Arsitek Hemat untuk Prediksi Masa Depan

Acara tahunan terbesar Amazon Web Service (AWS), Re: Invent 2023 dipungkasi dengan keynote yang disampaikan Werner Vogels selaku Vice President and Chief Technology Officer (CTO) dari AWS pada Kamis 30 November 2023. Pada penyampaiannya, Vogels memberikan pengertian tentang bagaimana cara menjadi arsitek yang hemat.

Liputan6.com, Jakarta - Re: Invent, acara tahunan terbesar milik Amazon Web Service (AWS) dipungkasi dengan keynote yang disampaikan oleh Dr Werner Vogels selaku Vice President and Chief Technology Officer (CTO) dari AWS pada Kamis 30 November 2023. Pada penyampaiannya, Vogels memberikan pengertian tentang bagaimana cara menjadi arsitek yang hemat.

Pemaparan yang disampaikan Vogels di Venetian Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat ini terasa sangat hidup. Selain berpidato, Vogels juga tampak bermain peran dalam sebuah layar cerita tentang bagaimaa memprediksi masa depan dengan mengobservasi masa kini.

“Kita sebagai ahli teknologi hidup di dunia yang bergerak begitu cepat sehingga kita harus terus belajar,” kata Vogels seperti dikutip Kamis 30 November 2023.

Menurut Vogels, kesuksesan AWS dalam menjadi perusahaan raksasa komputasi awan di dunia adalah dengan kesadaran tentang tingginya biaya yang diciptakan dari setiap industri yang mengadopsi layanannya. 

Namun demikian, dengan bertindak sebagai arsitek yang hemat maka terciptalah seni dalam membangun sistem dari keterbatasan.

“Hal yang paling penting adalah bergerak cepat, tapi ketika kecepatan eksekusi menjadi lebih penting, kita kehilangan seni arsitek dalam hal biaya dan kita benar-benar harus mulai memikirkan hal ini,” pesan dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AWS Perkenalkan Kecanggihan Baru

Dengan teori arsitek yang hemat tadi, Vogels melibatkan penciptaan sistem yang menyelaraskan biaya dengan bisnis, mengamati jaringan operasional utama di infrastruktur untuk menghindari biaya yang tidak diketahui, dan mengupayakan optimalisasi bertahap.

Kuncinya, lanjut Vogels, adalah mengetahui model pendapatan apa yang ingin dimiliki. Karenanya, penting adanya arsitek yang memahami konsep tersebut. “Pastikan dimensi pendapatan selalu selaras dengan biaya dan fokus pada biaya yang mempunyai manfaat selain menghemat,” pesan Vogels. 

Pada hari yang sama, sesuai dengan saran Vogels yaitu cara menjadi arsitek yang hemat maka AWS mengumumkan penawaran anyarnya yang bernama myApplications di AWS Management Console.

AWS meyakini, produk tersebut mampu memudahkan pengguna mengelola dan memantau biaya, kondisi, dan keamanan aplikasi di AWS.

Selain itu, AWS juga merilis Amazon Cloud Watch Application Signals, sebuah solusi yang dirancang untuk memungkinkan pelanggan menginstrumentasi aplikasi secara otomatis guna memaksimalkan efisiensi dan efektivitas biaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini