Sukses

Pembangunan Pasar Daging BUMD Jakarta Rampung Akhir November 2023, Siap Layani Masyarakat

BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya berkomitmen membangun pasar daging terkini yang efisien, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Pembangunan pasar daging tersebut menjadi bagian penting dalam rantai pasokan pangan berperan sentral di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Perumda Dharma Jaya berkomitmen membangun pasar daging terkini yang efisien, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Pembangunan pasar daging tersebut menjadi bagian penting dalam rantai pasokan pangan berperan sentral di Jakarta.

Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya, Irwan Nusyirwan menyatakan pasar daging tersebut dibangun di atas luas lahan 3.000 m2 yang terletak di area kantor Perumda Dharma Jaya, Jl Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Kata dia pembangunan tersebut ditargetkan selesai akhir November 2023.

Selain itu, Irwan menuturkan pembangunan pasar daging tersebut merupakan langkah besar dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal.

"Pembangunan pasar daging sudah berjalan sejak awal Oktober 2023 ditargetkan selesai pembangunan pada akhir bulan November 2023," kata Irwan kepada wartawan, Selasa (14/11/2023).

Lanjut Irwan, pasar daging di Jakarta itu nantinya akan dibangun 12 refeer container dengan total daya tampung 360 ton dan 13 toko daging dengan ukuran setiap toko 3m x 5m.

Untuk refeer container dilengkapi dengan fasilitas, beban listrik ditanggung perusahaan, hingga perawatan dilakukan secara berkala.

Hal tersebut untuk menjaga kualitas fasilitas dengan baik, petugas keamanan berjaga selama 24 jam serta dipasang CCTV di setiap area pergudangan refeer container.

"Jadi kapasitas setiap refeer container sebanyak 30 ton, untuk menjaga kualitas dan kesegaran daging untuk temperature antara 18 celsius hingga 25 celsius," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Meat Shop di Cakung

Sebelumnya, untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan produk pangan hewani Djawara, Perumda Dharma Jaya akan membangun swalayan protein dengan nama “Djawara Meat and Grocery”.

Swalayan protein yang berkonsep pasar modern dan tahap awal akan dibangun di 3 lokasi ini merupakan pengembangan dari Meat Shop yang selama ini sudah ada melayani warga Jakarta.

“Swalayan protein ini merupakan pengembangan dari meat shop yang sudah ada di Cakung, didepan kantor Perumda Dharma Jaya. Meat shop ini akan kita upscaling atau tingkatkan lagi, sehingga tempatnya menjadi lebih representative,” kata Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya, Feldiansyah dikutip di Jakarta, (19/7/2023).

 

3 dari 3 halaman

Dua Tahap Pembangunan Swalayan Protein

Pembangunan Swalayan Protein, kata Feldiansyah, akan dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap/fase 1, akan dibangun tiga swalayan protein di tiga lokasi, yaitu di depan kantor pusat Perumda Dharma Jaya, Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur dengan luas 2.000 meter persegi.

Lokasi kedua, di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan dengan luas sekitar 400 meter persegi, dan lokasi ketiga di Jalan Anggrek, depan Pasar Rawabadak, Koja, Jakarta Utara yang memiliki luas sekitar 650 meter persegi.

Kemudian, tahap/fase kedua, Perumda Dharma Jaya akan membangun Swalayan Protein di enam lokasi yang ada di wilayah Jakarta. Untuk lokasinya, Feldiansyah mengatakan pihaknya sedang mencari lokasi yang strategis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini