Sukses

Puluhan Rumah di Gunung Mas Puncak Bogor Rusak Diterpa Angin Kencang

Rumah yang terdampak angin kencang berada di Kompleks Gunung Mas Puncak, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Puluhan rumah di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, rusak diterpa angin kencang, Sabtu (29/10/2023). Rumah yang terdampak angin kencang berada di Kompleks Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua.

"Terdata ada 29 rumah yang terdampak angin kencang pada Sabtu siang sekitar pukul 11.30 WIB," ujar Kepala Desa Tugu Selatan, Eko Windiana.

Menurut dia, dari puluhan rumah itu enam di antaranya rusak berat, delapan unit rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian ini.

"Umumnya kerusakan akibat angin kencang pada bagian atap rumah," ujar Eko.

Dia menjelaskan, angin kencang di kawasan Puncak terjadi siang hari dan cuaca sangat panas.

Rumah warga yang terdampak sudah dilaporkan ke pihak manajemen PTPN VIII dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Indonesia Rawan Bencana

Setiap tahun, berbagai peristiwa alam seperti gempa bumi dan banjir menjadi ancaman serius bagi banyak negara di dunia. Dampaknya tidak hanya berdampak pada kehidupan manusia, tetapi juga menimbulkan kerugian besar dalam hal harta benda.

Banyak negara menghadapi risiko bencana, tetapi beberapa negara berada dalam bahaya yang jauh lebih besar dan konstan. Beberapa negara ini mengalami banyak insiden setiap tahunnya, salah satunya adalah Indonesia.

Indonesia, dengan pemandangan alamnya yang memukau, juga menghadapi tantangan sebagai salah satu negara yang rawan terhadap bencana alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Masuk di 10 Negara Rawan Bencana

Terletak di sekitar jalur cincin api Pasifik, negara kepulauan ini kerap kali menyaksikan kekuatan alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Indonesia termasuk dalam daftar sepuluh negara dengan risiko bencana alam tertinggi.

Meskipun secara alami memberikan sumber daya alam yang berlimpah, situasi tersebut sejatinya juga membawa risiko yang signifikan bagi warga negaranya. Tiap tahun, Indonesia mengalami berbagai insiden bencana yang berdampak pada kehidupan jutaan penduduk.

Berikut ini adalah beberapa negara yang paling rawan mengalami bencana alam, salah satunya Indonesia, merangkum dari Finance Buzz, Minggu (24/9/2023):

  1. Vanuatu
  2. Pulau Solomon
  3. Tonga
  4. Amerika Serikat
  5. Indonesia
  6. China
  7. Vietnam
  8. Guatemala
  9. Filipina
  10. Turki

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini