Sukses

Pemerintah Pastikan Kesiapan PON XXI di Aceh-Sumut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) bersama jajarannya untuk membahas persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) yang akan dimulai pada September 2024 mendatang. Ratas tersebut digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 9 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) bersama jajarannya untuk membahas persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara (Sumut) yang akan dimulai pada September 2024 mendatang. Ratas tersebut digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 9 Oktober 2023.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut cukup unik karena untuk pertama kalinya ajang olahraga tersebut digelar di dua provinsi sekaligus. Ia berharap, penyelenggaraan PON tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Kita berharap mudah-mudahan PON ke-21 ini bisa terselenggara dengan baik karena penyelenggaranya dua provinsi, Aceh dan Sumatra Utara," ujar Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari siaran pers, Senin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Suwarno, menjelaskan bahwa pemerintah terus mempersiapkan fasilitas tempat untuk penyelenggaraan PON XXI 2024.

Di Aceh, lanjut dia, dalam waktu dekat akan dilakukan renovasi 13 venue dan pembangunan baru 1 venue dayung.

"Yang mengerjakan PUPR sehingga kami yakin semuanya itu akan selesai paling lambat Juli akhir atau Agustus tahun depan pasti akan siap," ungkap Suwarno.

Selain itu, usulan fasilitas lain yang masih dalam pertimbangan antara lain kolam renang, lapangan tembak dalam dan luar ruangan, stadion bulu tangkis, dan arena sepatu roda.

Suwarno menyampaikan pembangunan tersebut akan dikerjakan dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Aceh.

"Harapannya karena ini sifatnya renovasi yang tidak terlalu berat maka akan selesai pada waktunya," ujar Suwarno.

Suwarno meyakini pembangunan fasilitas olahraga di Sumatra Utara juga akan selesai pada waktunya. Beberapa pembangunan yang dilakukan antara lain stadion madya untuk atletik, gelanggang olahraga untuk bela diri.

Ia melanjutkan, pembangunan maupun renovasi fasilitas olahraga juga melibatkan pemerintah kabupaten/kota masing-masing. Ia pun yakin PON XXI akan digelar sesuai waktu yang dijadwalkan pada tahun depan.

"Dilihat dari dua kesiapan ini tidak ada alasan untuk PON tidak dilaksanakan dan kita yakin bahwa PON akan dilaksanakan tahun depan," ucap Suwarno.

Seperti diketahui, PON XXI rencananya akan dibuka pada 8 September 2024 di Aceh dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumatra Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemprov Sumatera Utara Janjikan Pelayanan Terbaik

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin berkomitmen memberi pelayanan terbaik saat menjadi tuan rumah PON XXI 2024 yang diagendakan berlangsung tahun depan.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebelumnya telah mengadakan acara fun run sekaligus countdown menuju pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di kawasan Senayan, Jakarta, pada Minggu (17/9/2023).

Hassanudin yang turut hadir dalam agenda tersebut mengaku terpacu untuk bekerja keras mempersiapkan diri dan berjanji bakal melakukan persiapan maksimal untuk seluruh perangkat yang dibutuhkan dalam PON 2024.

"Kegiatan ini (fun run dan countdown) memacu kami untuk bekerja keras menyukseskan PON XXI di Aceh dan Sumut pada 2024," ujar Hassanudin, seperti dilansir dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com.

"Kami menyambut hangat event ini, yang secara tidak langsung mengingatkan kami bahwa pelaksanaan PON tinggal setahun lagi."

"Ini pertama kali PON digelar di dua provinsi. Tentu kami ingin menggores sejarah sebagai penyelenggara. Karena itu kami akan bekerja keras agar semua perangkat benar-benar siap 100 persen," sambungnya.

Lebih lanjut, Hassanudin juga mengaku pihaknya telah meminta Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Sumut untuk bekerja maksimal sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik pada hari H nanti.

Hassanudin yang didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kadisinfo Ilyas Sitorus, dan Ketua KONI Provinsi Sumut John Lubis berharap, selain infrastruktur, kesiapan atlet juga turut diperhatikan demi memastikan tuan rumah mampu meraih prestasi maksimal.

"Kita ingin segalanya berjalan sesuai rencana. Tidak terhambat apa pun. Persiapannya harus matang dan benar secara administrasi," tegas Hassanudin.

"Keuntungan tuan rumah, kita dekat dengan lokasi penyelenggaraan, kita kenal dengan lingkungan yang digunakan. Karena itu, persiapkan atlet-atlet kita sebaik mungkin," tambahnya.

Masih menurut Hassanudin, Sumut sebagai tuan rumah sejauh ini sudah menyiapkan sejumlah venue sesuai yang ditentukan KONI Pusat untuk menggelar ajang PON XXI 2024.

Venue-venue yang dimaksud tersebar di delapan kabupaten dan kota serta dipastikan bakal rampung pada waktu yang telah dialokasikan.

Adapun delapan kabupaten dan kota yang nantinya digunakan tempat pertandingan PON XXI di Sumatera Utara meliputi Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Pematang Siantar, dan Toba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.