Sukses

Resmikan Whoosh, Jokowi: Jangan Alergi Kritik dan Harus Berani Mencoba Hal Baru

Jokowi mengatakan, kereta cepat Whoosh adalah pertanda dunia transportasi di Indonesia telah memasuki era baru yang lebih maju.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung yang dinamakan Whoosh. Menurut Jokowi, Whoosh adalah pertanda dunia transportasi di Indonesia telah memasuki era baru yang lebih maju.

"Kereta ini menandakan kemajuan transportasi kita yang dan proyek ini adakah hal baru bagi kita," kata Jokowi di Stasiun Halim Jakarta, Senin (1/10/2023).

Jokowi mengatakan, selain Whoosh, ada juga MRT dan LRT yang juga tergolong hal baru moda transportasi publik di Indonesia. Dia berharap, adanya hal-hal baru di Tanah Air tidak disikapi pesimistis dan justru sebaliknya, harus menjadi pertanda bahwa Indonesia adalah bangsa yang terus maju dengan terus belajar hal baru.

"MRT hal baru bagi kita, LRT jg baru bagi kita, baru konstruksinya, baru cara pembiayaannya, semuanya baru. Kita tidak boleh berhenti belajar hal baru, pengalaman itu mahal kita tidak boleh takut, dengan belajar hal baru maka kesalahan akan semakin sedikit,” tegas Jokowi.

Jokowi berharap, dengan hal baru tersebut Indonesia tidak alergi dengan kritik. Sebab, dengan hal baru akan ada pengalaman juga keberanian untuk belajar.

"Saya pesan agar kita tidak alergi kritik karena pengalaman adalah tempat kita belajar untuk hasil yang lebih baik. Keberanian untuk mencoba adalah untuk anak bangsa di masa depan," pungkas Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmikan Whoosh, Jokowi: Ini Kereta Cepat Pertama di Indonesia dan ASEAN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Whoosh, kereta cepat Jakarta-Bandung. Menurut Jokowi, Whoosh adalah kereta cepat pertama dan satu-satunya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara atau ASEAN.

"Kereta cepat Jakarta-Bandung ini adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan pertama di ASEAN dengan kecepatan 350 km/jam," kata Jokowi saat melakukan peresmian di Stasiun Halim Jakarta, Senin (2/10/2023).

Jokowi menamakan kereta cepat Jakarta-Bandung dengan nama Whoosh. Bukan tanpa sebab, menurut dia, kata Whoosh memiliki arti yang dalam.

"Kata Whoosh ini terinspirasi dari suara yang berkecepatan tinggi, dibacanya Wush," jelas Jokowi.

Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Jokowi sendiri sudah menjajal beberapa kali kereta cepat Jakarta-Bandung. Terakhir, kepala negara juga membawa serta para pegiat seni dan influencers untuk menjajal kereta tersebut.

Whoosh adalah kereta berkecepatan tinggi yang sebagian besar didanai oleh China dan menelan biaya sekitar USD 7,3 miliar ini merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara (negara-negara ASEAN). Kereta ini akan menghubungkan Jakarta ke kota Bandung.

Layanan kereta api ini akan mengurangi waktu perjalanan yang semula tiga jam menjadi sekitar 40 menit saja. Sebab, kereta tersebut punya kecepatan 350 kilometer (217 mil) per jam di jalur kereta api sepanjang 142 kilometer 988 mil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini