Sukses

LRT Jabodebek Beroperasi Agustus 2023, Mampu Angkut 500 Ribu Penumpang Per Hari

Budi Karya mengungkapkan, LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama dengan Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, melakukan inspeksi ke proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek, Rabu, 28 Juni 2023.

Budi Karya Sumadi bersama Heru Budi naik LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur dan kembali ke Stasiun Halim, Jakarta. Adapun proyek ini ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada Agustus 2023.

"Pada tanggal 12 juli nanti, kita mulai lakukan uji coba operasional terbatas dengan tarif Rp 1 rupiah yang dilakukan oleh KAI. Diharapkan pada 18 Agustus 2023 akan diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi dan beroperasi secara komersial," kata Budi Karya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (29/6/2023).

Budi Karya mengungkapkan, LRT Jabodebek mampu mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari. Dia menyebut, jika digabung dengan penumpang KRL Jabodetabek (1,2 juta penumpang), maka total akan ada 1,7 juta penumpang per hari yang diangkut LRT dan KRL Jabodebek.

"Kami ingin pastikan konektivitas melalui angkutan massal ini dapat dilakukan lebih baik, sehingga masyarakat yang beralih ke angkutan massal semakin banyak," kata Budi Karya.

"Karena ongkos yang harus dibayar tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi. Kalau naik LRT bisa lebih murah, cepat, tidak macet dan bebas polusi," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakarta-Cibubur Hanya 39 Menit

Usai menjajal LRT Jabodebek, Budi mengatakan, perjalanan dengan LRT Jabodebek ditempuh dengan kurun waktu yang lebih singkat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Menurut Budi Karya, perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas Jakarta Selatan ke Stasiun Harjamukti, Cibubur tembus 39 menit dengan LRT Jabodebek. Lalu, waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur adalah 43 menit.

"Ini lebih cepat dibandingkan menggunakan kendaraan sekalipun lewat tol, yang waktu tempuhnya bisa sekitar dua jam. Dengan naik LRT mampu memangkas waktu sepertiganya. Ini angka yang signifikan," ungkap dia.

Di sisi lain, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyampaikan, pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mendukung penuh pembangunan LRT Jabodebek dalam rangka mengurangi kemacetan di Ibu Kota dan wilayah penyangga.

"Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di Jakarta dan sekitarnya. Mari kita manfaatkan bersama dan rawat dengan baik hasil karya anak bangsa," kata Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.