Sukses

5 Lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah yang Dilakukan Hari Ini Rabu 28 Juni 2023

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (28/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Muhammadiyah pada hari ini, Rabu (28/6/2023) melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah. Salah satunya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, Rabu (28/6/2023).

Pantauan Liputan6.com, salat dimulai sekitar pukul 6.40 WIB. Pukul 06.00 WIB ribuan jemaah sudah memenuhi shaf. Jamaah terlihat membludak hingga sisi jalan Menteng Raya digunakan sebagai lokasi salat.

Ada pun yang bertugas sebagai khatib atau imam Salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi ini adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara khutbah yang disampaikan adalah 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy ikut melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah hari ini di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng.

Pada kesempatan ini, Muhadjir menyarankan agar jemaah Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Saya menyarankan untuk Salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," ujar Muhadjir, Rabu (28/6/2023).

Selain di Gedung PP Muhammadiyah, lapangan parkir Masjid Baitusy Syifa Rumah Sakit Islam Jakarta, Pondok Kopi, Jakarta Timur juga melaksanakan salat Idul Adha.

Bahkan, lahan parkir tidak mampu menampung banyaknya jemaah yang ingin melaksanakan salat Idul Adha, sehingga beberapa warga terpaksa menggelar sajadah di Jalan Raya Pondok Kopi.

Berikut melihat sederet lokasi pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriah yang dilakukan Muhammadiyah pada hari ini, Rabu (28/6/2023) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ribuan Jamaah Gelar Salat Idul Adha di Pekarangan PP Muhammadiyah, Menteng

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

Pantauan Liputan6.com, salat dimulai sekitar pukul 6.40 WIB. Pukul 06.00 WIB ribuan jamaah sudah memenuhi shaf. Jamaah terlihat membludak hingga sisi jalan Menteng Raya digunakan sebagai lokasi salat.

Ada pun yang bertugas sebagai khatib atau imam Salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi ini adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara khutbah yang disampaikan adalah 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy turut hadir melangsungkan ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah di PP Muhammadiyah.

Muhadjir mengatakan bahwa dirinya lebih memilih untuk menjadi jemaah ketimbang menjadi khatib lantaran dia ingin lebih khusyuk mendengar ceramah.

Lebih lanjut, Muhadjir berharap tidak ada perpecahan antar umat muslim lantaran pelaksanaan ibadah antara jemaah Muhammadiyah dan pemerintah.

"Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah dan ilmiah," kada Muhadjir.

"Sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting mari terus kita pupuk tali persaudaraan, ukuwah islamiah, ukuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air, itu yang penting," sambung dia.

Lalu, pada kesempatan ini, Muhadjir menyarankan agar jemaah Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Saya menyarankan untuk Salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," kata dia.

Hal ini, kata dia dimaksudkan agar ada keseragaman dengan umat muslim yang menyelenggarakan Salat Idul Adha pada hari Kamis. Muhadjir sendiri tak melaksanakan kurban di kantor lamanya.

"Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak," jelas Muhadjir.

 

3 dari 6 halaman

2. Sebanyak 5.000 Jemaah Salat Idul Adha di Lapangan RS Islam Pondok Kopi

Sekitar 5.000 jemaah melaksanakan Salat Idul Adha 1444 Hijriah di lapangan parkir Masjid Baitusy Syifa Rumah Sakit Islam Jakarta, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Rabu pagi (28/6/2023).

Bahkan lahan parkir itu tidak mampu menampung banyaknya jemaah yang ingin melaksanakan Salat Idul Adha, sehingga beberapa warga terpaksa menggelar sajadah di Jalan Raya Pondok Kopi.

Panitia Salat Idul Adha secara terus menerus mengimbau agar trotoar tidak digunakan untuk tempat salat karena digunakan sebagai akses jalan. Namun, karena membeludak, banyak yang menggunakan trotoar sebagai tempat salat. Demikian dilansir dari Antara.

Sejak pukul 06.00 WIB, jemaah mulai berdatangan ke Rumah Sakit Islam untuk melakukan Salat Idul Adha yang pelaksanaannya dimulai pada pukul 06.30 WIB.

Namun, panitia memundurkan pelaksanaan Salat Idul Adha hingga 30 menit karena masih banyak jemaah yang berdatangan.

"Kami minta jemaah untuk segera datang ke lokasi salat karena akan dimulai pukul 07.00 WIB," kata salah satu panitia melalui pengeras suara.

Panitia juga mengumumkan jumlah hewan kurban di Masjid Baitusy Syifa Rumah Sakit Islam Pondok Kopi sebanyak enam ekor sapi dan sembilan ekor kambing.

Salah seorang jemaah, Hendrik (37) mengaku bahagia dapat merayakan Idul Adha pada hari Rabu ini.

Dia bersyukur karena pemerintah Indonesia mempersilakannya beserta warga Muhammadiyah lainnya untuk tetap merayakan Idul Adha dalam keragaman.

"Saya sih merasa senang karena ramai tentunya sudah bukan lagi pandemi. Di tengah perbedaan penetapan hari Idul Adha, saya rasa ini menjadi bagian dari keragaman yang harus disyukuri," ujar Hendrik yang tinggal di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Warga Muhammadiyah Padati Plaza Kampus UMJ

Sejumlah Warga Muhammadiyah di Ciputat, Kota Tangerang Selatan menggelar salat Idul Adha 1444 H/2023 hari ini Rabu (28/6/2023). Pelaksanaan salat ied tersebut dipusatkan di Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Dari pantauan di lapangan, para jemaah mulai berduyun-duyun memadati area plaza UMJ sekitar pukul 06.00 WIB. Terlihat kelompok lintas usia dari remaja hingga lansia mulai masuk ke area plaza dan menempati barisan yang sudah disiapkan.

Para jemaah pria tampak mengisi barisan shaf-shaf paling depan dengan tertib dan rapi. Sedangkan untuk para jemaah wanita juga tampak mengisi shaf di belakang jemaah pria yang dibatasi oleh papan berwarna hijau.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr Ma'mun Murod turut hadir melangsungkan ibadah salat Idul Adha di Plaza UMJ.

Adapun yang bertindak sebagai Khatib dan Imam dalam Salat Idul Adha 1444 H yaitu, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr (HC) KH. Muhyiddin Junaidi, M.A.

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 28 Juni 2023 sebagai hari raya Idul Adha 1444 H melalui maklumat bernomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 di Yogyakarta.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

 

5 dari 6 halaman

4. Salat Idul Adha 2023 di Area Parkir mal Transmart Bojongsoang, Bandung

Umat Islam Muhammadiyah di kawasan Kabupaten Bandung, menggelar salat Idul Adha 2023 di area parkir mal Transmart Bojongsoang. Dalam kesempatan tersebut, Amien Rais didapuk menjadi khatib.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamadiyah periode 1995-1998 itu dalam khotbahnya berpesan, agar generasi muda terus menimba ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tuntutlah ilmu setinggi mungkin sesuai dengan tuntunan AlQur'an dan sunah. Di samping itu, harus bersedia berjuang sesuai dengan tugas kaum muda," kata mantan Ketua MPR RI itu.

Ketua Pelaksanaan Salat Id Muhammadiyah Transmart Bojongsoang Entis Sutisna mengatakan, warga dari berbagai daerah di Bandung Raya ikut melaksanakan salat Idul Adha di area belakang mal yang berdekatan dengan Perumahan Buah Batu Square.

Jemaah Muhammadiyah berdatangan ke lokasi itu sejak sekitar pukul 05.45 WIB.

"Jemaah yang hadir itu dari Bandung Raya, karena kita menyampaikan di berbagai media sosial, banyak dari kabupaten juga, dan jamaah yang biasanya akan ke Mujahidin," kata Entis.

"Salah satunya itu karena ada tokoh nasional, sehingga jemaah yang biasanya ke Mujahidin akhirnya salat di sini, termasuk saudara-saudara saya," kata dia.

Semula panitia melaporkan ke kepolisian bahwa ada sekitar 3.000 orang yang melaksanakan salat Idul Adha di area Transmart Bojongsoang. Namun, pada hari pelaksanaan warga yang hadir diperkirakan sampai 7.000an orang.

"Alhamdulillah bisa tertampung semua, walaupun kelancaran parkir kendaraan jemaah masih terkendala," ungkap Entis Sutisna.

 

6 dari 6 halaman

5. Warga Muhammadiyah Bali Gelar Salat Idul Adha di Gedung PW Muhammadiyah Denpasar

Warga Muhammadiyah Bali menggelar salat Idul Adha 2023 di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali di Kota Denpasar, Rabu (28/6/2023).

Jemaah sudah memadati lingkungan gedung sejak pukul 06.00 Wita. Mereka melantunkan takbir sebelum salat Id dimulai pada pukul 06.30 Wita.

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali Muhammad Saffaruddin dalam khutbah seusai salat Id memberi pesan, perjalanan Nabi Ibrahim AS dan ketaatannya kepada Allah SWT saat diperintahkan untuk menyembelih putra yang dia cintai, Nabi Ismail AS.

"Harapannya mudah-mudahan seluruh jemaah bisa mengambil hikmah perjalanan Nabi Ibrahim beserta keluarganya," katanya.

"Kita harus yakin di balik ujian dan cobaan pasti ada kemudahan. Namun, memang (butuh) proses, karena tidak ada hasil tanpa usaha dan ikhtiar," katanya lagi.

Dia juga kembali menyampaikan perlunya mengedepankan toleransi dalam menghadapi perbedaan dalam penetapan Hari Raya Idul Adha.

"Kita, meski berbeda dengan pemerintah, harus dikedepankan saling menghormati dan menghargai. Yang hari ini salat Idul Adha tidak masalah, ataupun besok yang bersama pemerintah monggo, hak pribadi," katanya.

Pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali berakhir sekitar pukul 08.00 Wita dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Total ada 45 sapi dan 81 kambing dikurbankan di seluruh pimpinan wilayah maupun cabang Muhammadiyah di Bali.

Di lingkungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali, ada tujuh sapi dan 35 kambing kurban yang akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.