Sukses

Salat Idul Adha 1444 H, Warga Muhammadiyah Padati Plaza Kampus UMJ

Sejumlah Warga Muhammadiyah di Ciputat, Kota Tangerang Selatan menggelar salat Idul Adha 1444 H/2023 hari ini Rabu (28/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Warga Muhammadiyah di Ciputat, Kota Tangerang Selatan menggelar salat Idul Adha 1444 H/2023 hari ini Rabu (28/6/2023). Pelaksanaan salat ied tersebut dipusatkan di Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Dari pantauan di lapangan, para jemaah mulai berduyun-duyun memadati area plaza UMJ sekitar pukul 06.00 WIB. Terlihat kelompok lintas usia dari remaja hingga lansia mulai masuk ke area plaza dan menempati barisan yang sudah disiapkan.

Para jemaah pria tampak mengisi barisan shaf-shaf paling depan dengan tertib dan rapi. Sedangkan untuk para jemaah wanita juga tampak mengisi shaf di belakang jemaah pria yang dibatasi oleh papan berwarna hijau.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr Ma'mun Murod turut hadir melangsungkan ibadah salat Idul Adha di Plaza UMJ.

Adapun yang bertindak sebagai Khatib dan Imam dalam Salat Idul Adha 1444 H yaitu, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr (HC) KH. Muhyiddin Junaidi, M.A.

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 28 Juni 2023 sebagai hari raya Idul Adha 1444 H melalui maklumat bernomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 di Yogyakarta.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Idul Adha di PP Muhammadiyah

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

Pantauan Liputan6.com, salat dimulai sekitar pukul 6.40 WIB. Pukul 06.00 WIB ribuan jamaah sudah memenuhi shaf. Jamaah terlihat membludak hingga sisi jalan Menteng Raya digunakan sebagai lokasi salat.

Ada pun yang bertugas sebagai khatib atau imam Salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi ini adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara khutbah yang disampaikan adalah 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy turut hadir melangsungkan ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah di PP Muhammadiyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.