Sukses

Jadi Khatib Salat Idul Adha 2023 di Bandung, Ini Pesan Amien Rais ke Generasi Muda

Amien Rais didapuk menjadi khatib salat Idul Adha 2023 di Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

 

Liputan6.com, Bandung - Umat Islam Muhammadiyah di kawasan Kabupaten Bandung, menggelar salat Idul Adha 2023 di area parkir mal Transmart Bojongsoang. Dalam kesempatan tersebut, Amien Rais didapuk menjadi khatib.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamadiyah periode 1995-1998 itu dalam khotbahnya berpesan, agar generasi muda terus menimba ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tuntutlah ilmu setinggi mungkin sesuai dengan tuntunan AlQur'an dan sunah. Di samping itu, harus bersedia berjuang sesuai dengan tugas kaum muda," kata mantan Ketua MPR RI itu.

Ketua Pelaksanaan Salat Id Muhammadiyah Transmart Bojongsoang Entis Sutisna mengatakan, warga dari berbagai daerah di Bandung Raya ikut melaksanakan salat Idul Adha di area belakang mal yang berdekatan dengan Perumahan Buah Batu Square.

Jemaah Muhammadiyah berdatangan ke lokasi itu sejak sekitar pukul 05.45 WIB.

"Jemaah yang hadir itu dari Bandung Raya, karena kita menyampaikan di berbagai media sosial, banyak dari kabupaten juga, dan jamaah yang biasanya akan ke Mujahidin," kata Entis.

"Salah satunya itu karena ada tokoh nasional, sehingga jemaah yang biasanya ke Mujahidin akhirnya salat di sini, termasuk saudara-saudara saya," kata dia.

Semula panitia melaporkan ke kepolisian bahwa ada sekitar 3.000 orang yang melaksanakan salat Idul Adha di area Transmart Bojongsoang. Namun, pada hari pelaksanaan warga yang hadir diperkirakan sampai 7.000an orang.

"Alhamdulillah bisa tertampung semua, walaupun kelancaran parkir kendaraan jemaah masih terkendala," ungkap Entis Sutisna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Idul Adha di Jakarta

Sementara di Jakarta, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

Pantauan Liputan6.com, salat dimulai sekitar pukul 6.40 WIB. Pukul 06.00 WIB ribuan jamaah sudah memenuhi shaf. Jamaah terlihat membludak hingga sisi jalan Menteng Raya digunakan sebagai lokasi salat.

Ada pun yang bertugas sebagai khatib atau imam Salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi ini adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara khutbah yang disampaikan adalah 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy turut hadir melangsungkan ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah di PP Muhammadiyah.

Muhadjir mengatakan bahwa dirinya lebih memilih untuk menjadi jamaah ketimbang menjadi khatib lantaran dia ingin lebih khusyuk mendengar ceramah.

Lebih lanjut, Muhadjir berharap tidak ada perpecahan antar umat muslim lantaran pelaksanaan ibadah antara jemaah Muhammadiyah dan pemerintah.

"Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah dan ilmiah," kada Muhadjir.

"Sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting mari terus kita pupuk tali persaudaraan, ukuwah islamiah, ukuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air, itu yang penting," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.