Sukses

Menko PMK Muhadjir Effendy Salat Idul Adha di Gedung PP Muhamamdiyah

Muhadjir Effendy menyarankan agar jemaah Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/2023) di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain Muhadjir, nampak pula hadir Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Beirut Hajriyanto Y Thohari juga melaksanakan shalat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, Muhadjir menyarankan agar jemaah Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Saya menyarankan untuk Salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," kata dia.

Hal ini, kata dia dimaksudkan agar ada keseragaman dengan umat muslim yang menyelenggarakan Salat Idul Adha pada hari Kamis. Muhadjir sendiri tak melaksanakan kurban di kantor lamanya.

"Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Penyembelihan Hewan Kurban di Kantor Pusat Muhammadiyah

Di sisi lain, Ketua Penyelanggara Salat Idul Adha PP Muhammadiyah, Zaenal Abidin mengungkapkan bahwa tidak ada penyembelihan hewan kurban di kantor pusat.

"Hewan kurban ada 17 ekor sapi, kambing belum ada. Hewan kurban ini yang sebanyak 17 sudah distribusikan kepada pimpinan cabang Muhammadiyah se-Jabodetabek, dan nanti kita gak ada pemotongan di Menteng," kata dia.

Lebih lanjut, Zaenal Abidin mengatakan ada 40 titik yang akan disebar daging sembelihan hewan kurban berupa sapi.

"Seperti pesantren, panti yatim itu kita drop ke sana, drop hidup bukan drop potong," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini