Sukses

Moeldoko: Pemerintah Sediakan Beasiswa S2 dan S3 untuk Ustaz di Pesantren

Moeldoko mengatakan Kementerian Agama juga sudah membuat peta jalan kemandirian pesantren agar pesantren memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah memberikan perhatian serius terhadap pengembangan pendidikan di pesantren, kesejahteraan ulama, dan juga guru agama.

Moeldoko dalam Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) ke-5 di Majalengka, Jawa Barat, mengatakan pemerintah ingin terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia nasional, termasuk dengan upaya meningkatkan kesejahteraan ulama dan guru agama yang berperan sentral dalam pembentukan karakter anak bangsa.

Pemerintah, kata Moeldoko, menyediakan beasiswa pendidikan untuk ustaz, dan guru di pesantren, serta juga beasiswa untuk pendidikan kader ulama.

"Pemerintah menyediakan beasiswa pendidikan kader ulama yang merupakan beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerja sama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP," kata Moeldoko melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (17/6/2023).

Ia mengatakan Kementerian Agama juga sudah membuat peta jalan kemandirian pesantren agar pesantren memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

Selain itu, program penguatan dan peningkatan SDM pesantren (degree/non-degree) sebagai implementasi UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan peraturan turunannya juga terus dilakukan.

Pada 2023, lanjut Moeldoko, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp250 miliar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren untuk program penguatan dan peningkatan SDM pesantren.

Mengenai kesejahteraan guru non-PNS di bawah Kementerian Agama, Moeldoko berjanji bahwa Kantor Staf Presiden (KSP) akan terus mengawal dan memastikan pencairan tunjangan guru dari jenjang Raudhatul Athfal dan Madrasah.

Lebih lanjut, Moeldoko mengakui bahwa Nahdlatul Ulama atau NU tidak hanya memiliki kekuatan dari segi keagamaan, tapi juga memiliki kekuatan besar untuk menggerakkan ekonomi dan sosial budaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NU Mitra Pemerintah

NU bahkan tidak hanya menjadi mitra pembangunan pemerintah, tetapi juga menjadi mitra kritis yang memastikan kebijakan pemerintah tepat sasaran.

"Kekuatan NU saya kira tidak hanya sekadar terletak pada organisasinya, tetapi juga pada SDM-nya. Salah satunya bapak dan ibu semua yang terkumpul dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang mempunyai peran penting dalam memajukan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan," kata Moeldoko yang dilansir dari Antara.

Rakornas V Pergunu juga dirangkai dengan Halaqah Alim Ulama untuk mengenang peran K.H. Abdul Chalim dalam perjuangan kemerdekaan bangsa dan pendirian Jam’iyah Nahdlatul Ulama pada 1926.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Prof. Dr. K.H. Asep Saifuddin Chalim selaku Ketua Umum PP Pergunu dan K.H. As'ad Said Ali, salah satu tokoh terkemuka NU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini