Sukses

Ucapan Jokowi ke Umat Kristiani: Selamat Merayakan Hari Raya Jumat Agung 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung, Jumat (7/4/2023). Ucapan ini ditujukan Jokowi kepada umat Kristiani di Indonesia yang memperingati Hari Jumat Agung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung, Jumat (7/4/2023). Ucapan ini ditujukan Jokowi kepada umat Kristiani di Indonesia yang memperingati Hari Jumat Agung.

"Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani, selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung 2023," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya @jokowi, Jumat (7/4/2023).

Seperti diketahui, Hari Jumat Agung diperingati umat Kristen pada Jumat 7 Maret 2023. Jumat Agung merupakan salah satu dari tiga hari suci yaitu Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

Jumat Agung sendiri merupakan hari peringatan wafatnya Tuhan Yesus Kristus. Peristiwa tersebut menjadi sangat penting dan sakral bagi seluruh umat Kristiani di seluruh dunia.

Beberapa kegiatan dilakukan pada saat rangkaian tersebut seperti berpuasa, kebaktian dan mendengarkan khotbah, doa, hingga lagu pujian untuk mengenang Yesus.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Jeane Marie Tulung mengajak umat Kristiani untuk menjaga kerukunan, kerja sama, dan kedamaian internal serta antar umat beragama, menjelang Perayaan Paskah 2023.

Ia juga berharap Paskah yang akan jatuh pada 7 April 2023 dapat disambut dengan suka cita. Ajakan dan harapan ini disampaikannya dalam "Seruan Paskah 2023".

"Mewakili Pemerintah kami mengajak umat Kristiani untuk merefleksikan kasih dan karya keselamatan penebusan Yesus Kristus atas dosa kita. Jadilah pribadi yang selalu memancarkan kasih dan damai kepada semua orang," ujar Dirjen Bimas Kristen Jeane Marie Tulung dikutip dari siaran pers, Kamis 6 April 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Paskah 2023

Jeane menyampaikan, Paskah 2023 ini memilih tema "Ia mendahului Kamu ke Galilea; Jangan Takut" (Bdk. Mat 28:7, 10). Tema ini mengingatkan bahwa masalah yang kita hadapi cukup krusial.

"Pandemi panjang Covid-19 yang belum selesai, ketidakpastian ekonomi, serta memanasnya suasana politik menjelang Pilpres dan Pilkada tahun 2024," katanya.

"Oleh karena itu, kita tidak perlu takut. Karena, Dia yang Bangkit senantiasa hadir dan mendahului kita menuju keberhasilan," sambung Jeane.

Melalui semangat Paskah, Jeane pun mengajak umat Kristen untuk melakukan empat hal. Pertama, menjalani hidup dengan optimis ketika menghadapi persoalan dan tantangan.

Kedua, menjaga kerukunan, kerjasama, dan kedamaian internal serta antarumat beragama. Ketiga, menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pilpres dan Pileg tahun 2024. Keempat, menjaga dan memelihara lingkungan dengan baik.

"Demikian seruan Paskah ini kami sampaikan, akhirnya kami mengucapkan selamat merayakan Paskah tahun 2023. Tuhan Yesus Raja dan Kepala Gereja senantiasa memberkati kita semua," tutup Jeane.

 

3 dari 4 halaman

Libur Jumat Agung dan Paskah, Ratusan Pengunjung Datangi Taman Margasatwa Ragunan Pagi Ini

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan buka seperti biasa pada libur Paskah atau Jumat Agung yang jatuh pada hari ini, Jumat (7/4/2023). Kendati demikian, aktivitas wisatawan terpantau landai.

"Untuk hari ini kan kebetulan libur paskah, jadi banyak umat Kristiani yang melakukan ibadah di ruang-ruang terbuka ya, rombongan-rombongan," kata Kepala Humas Taman Satwa Ragunan (TMR) Wahyudi Bambang kepada Liputan6.com, Jumat (7/4/2023).

Wahyudi menyampaikan, per pukul 09.00 WIB, tercatat ada 802 orang pengunjung yang mendatangi Ragunan. Menurut Wahyudi, kondisi ini wajar, mengingat selain karena libur Paskah, umat Islam juga tengah menjalankan ibadah puasa.

"Masih landai sih, hari ini jam 09.00 WIB tadi datanya tercatat 802 pengunjung. Jadi dikit, memang sedikit. Puasa itu memang pengunjungnya sedikit, tidak banyak. Ini sudah termasuk tinggi ya, 802 sudah lumayan tinggi lah," ungkap Wahyudi.

 

4 dari 4 halaman

Tak Ada Perubahan Jam Operasional

Wahyudi menyebut tak ada perubahan jam operasional di Taman Margasatwa Ragunan, baik selama libur Paskah maupun di bulan Ramadhan. Setiap harinya, Ragunan mulai dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"Maksimal di jam 15.00 WIB ya, hari ini juga sama," kata Wahyudi.

Lebih lanjut, Wahyudi menambahkan selama Ramadhan, pihaknya tak mengadakan event atau giat khusus. Rencananya, event khusus baru akan dihelat di Ragunan pada saat lebaran.

"Ragunan sendiri nggak membuat event khusus di Ramadhan ini. Nah, nanti lebaran kemungkinan kita akan buat event ya, spesial lebaran," tandas Wahyudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.