Sukses

PAN: Kalau Ada Ingar Bingar Gini, Biasanya Reshuffle

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Kendati, ingar bingar isu reshuffle ini pertama kali ia dengar dari media.

Menurut dia, apabila sudah ingar-bingar wacana perombakan kabinet seperti saat ini, maka biasanya reshuffle benar-benar akan terjadi.

Ia mencontohkan saat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas diangkat menjadi menteri Jokowi. Saat itu juga terjadi ingar-bingar perombakan kabinet, dan tak lama Zulhas dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

"Biasanya kalau ada hingar-bingar gini, ada (reshuffle)," kata Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (24/1/2023).

Meski demikian, Yandri menyebut reshuffle kabinet merupakan hak prerogratif presiden dan hanya Tuhan dan Jokowi saja yang mengetahui hal tersebut.

"Kira-kira gitu misteri reshuffle ini yang tahu hanya Allah dan Pak Jokowi," ucapnya.

Terkait siapa menteri yang akan dilengserkan atau potensi PAN mendapat tambahan kursi menteri, Yandri enggan berandai-andai. 

"Ya, kita reshufflenya aja nggak tahu kapan. Apa akan terjadi saja nggak tahu, masa berandai-andai terlalu jauh. Kan nggak mungkin," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kata Jokowi Soal Isu Reshuffle 1 Februari

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menjawab soal isu reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju. Saat ditanya soal apakah reshuffle kabinet akan dilakukan pada 1 Februari 2023, Jokowi tidak menjawab dengan jelas.

"Tunggu," kata Jokowi singkat saat ditanya wartawai usai meninjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Jokowi pun langsung menyudahi sesi tanya jawab dengan awak media. Dia langsung meninggalkan lokasi peninjauan.

Sebelumnya, isu Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju kembali berhembus beberapa hari terakhir. Berembus kabar bahwa menteri-menteri dari Partai Nasdem akan terkena reshuffle kabinet.

Saat ini, ada tiga menteri dari Nasdem yang duduk di kursi kabinet. Ketiganya yakni, Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G.Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Presiden Jokowi sendiri membuka kemungkinan akan kembali melakukan reshuffle atau perombakan kabinet di akhir masa jabatannya. Namun, Jokowi tak berbicara kapan reshuffle kabinet akan dilakukan.

"Mungkin (reshuffle). Ya nanti," kata Jokowi singkat kepada wartawan di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS